Scroll to Top

Weibo, Twitter-nya Rakyat China

By Ibnu Azis / Published on Friday, 25 Nov 2011

Twitter-nya China

Twitter boleh menjadi raja media sosial di pelbagai belahan dunia. Namun untuk rakyat China, Weibo lah yang menjadi primadona.

Meroketnya Weibo sebagai microblogging nomor satu di negeri tirai bambu ini tak lepas dari kebijakan pemerintah China takala memblokir Twitter. Padahal jejaring sosial ini masih berumur jagung.

Akibat kepopuleran ini, Weibo banyak digunakan oleh beberapa perusahaan asing sebagai media promosi. Jejaring sosial yang diluncurkan pada Agustus 2009 ini sekarang telah mencatat keanggotaan lebih dari 300 juta pengguna.

Sebagaimana dilaporkan oleh Telegraph, sebuah penelitian dari China Market Research melakukan wawancara kepada beberapa responden dengan rentan usia 13 – 32 tahun. Dan hasilnya, mereka menggunakan Weibo sebagai media untuk berbagi informasi dan terhubung dengan sesama.

Dengan hasil ini, tak pelak pelbagai perusahaan internasional seperti Coca Cola dan Unilever langsung memakai Weibo sebagai media untuk menjangkau konsumen juga untuk berpromosi.

“Weibo telah mengubah paradigma orang China dalam berbagi informasi. Untuk itulah kami terjun di dalamnya. Sekarang, kami berkomunikasi dengan 2,4 juta orang di Weibo tiap harinya,” ucap Joanna Price, salah satu juru bicara Coca Cola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda