Scroll to Top

Kandungan Lemak di Hati Bayi Lahir Cesar Lebih Tinggi

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Nov 2011

Melahirkan dengan cara cesar seperti menjadi tren belakangan ini. Jumlahnya melonjak sampai 250 persen dalam 30 tahun terakhir ini. Motivasinya pun beragam. Ada sebagian ibu hamil yang mengatakan, dengan cesar rasanya tidak sesakit kalau melahirkan normal. Ada pula ibu hamil yang sengaja minta cesar demi menepatkan kelahiran bayi menurut tanggal lahir tertentu, misalnya 11-11-2011. Yang lebih disarankan, cesar sebaiknya hanya dilakukan pada ibu hamil yang memiliki risiko tinggi terhadap persalinan normal.

bayi cesar

Sementara itu, menurut penelitian Imperial College London di Inggris, melahirkan secara cesar dapat memengaruhi tumbuh kembang si bayi kelak. Lemak dalam hati bayi yang lahir cesar, kandungannya lebih tinggi dari bayi yang lahir normal. Sehingga, dimungkinkan bayi hasil cesar akan mengalami kegemukan. Hasil ini didapatkan setelah melakukan pengamatan terhadap 62 bayi.

Peneliti menduga, kegemukan ini terjadi karena metabolisme dalam tubuh kurang berjalan sebagaimana mestinya. Pembangunan sistem metaboisme normal dapat terdistorsi. Hormon dan enzim dalam tubuh bayi juga berjalan kurang seimbang.

“Proses pada hati dan penanganan lemak akan terdistorsi jika Anda adalah bayi yang tidak mengalami persalinan normal,” kata Profesor Neena Modi, peneliti, seperti rilis DailyMail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda