Scroll to Top

Astronot Jepang Main Baseball Di Stasiun Ruang Angkasa

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Saturday, 26 Nov 2011

astronot-baseball

Baseball biasanya dimainkan di lapangan berbentuk bujur sangkar dengan base yang terletak di tiga sudut dan tentunya dimainkan di permukaan bumi. Tapi, saking cintanya pada baseball dan untuk membuang rasa jenuh saat berada di ruang angkasa, permainan ini dimainkan oleh astronot.

Biasanya jumlah pemain baseball adalah 9 orang. Karena keterbatasan ruang dan jumlah pemain di stasiun ruang angkasa, yang memainkan baseball hanya satu orang yakni astronot asal Jepang, Satoshi Furukawa.

Permainan baseball di ruang gravitasi nol itu bahkan direkam Furukawa dan telah beredar di Youtube. Dalam rekaman video itu, Furukawa memukul, menangkap, dan melempar bola sendirian. Seperti seekor kelelawar, ia terbang menangkap bola yang dipukulnya sendiri.

Saat bola berhasil ditangkapnya,  astronot berusia 47 tahun itu mengangkat tangannya tinggi-tinggi, menunjukkan ekspresi kemenangan. Setelah itu, ia akan mengulangi seluruh proses permainan yang sama.

Baru diupload sehari di Youtube, rekaman video Fukurawa ini ditonton 1.144 orang. Soundtrack pada video ini adalah lagu tema film Star Trek. Atraksinya di luar angkasa ini dilakukan di hari terakhir menjalankan misinya selama lima setengah bulan di stasiun luar angkasa.

Video ini sekaligus menunjukkan bagaimana Fukurawa melakukan cara kreatif untuk menghibur dirinya sendiri saat berada di luar angkasa. Fukurawa merupakan seorang dokter medis di Jepang hingga tahun 1999. Ia kemudian mengikuti pelatihan untuk menjadi astronot dan mendapatkan sertifikat pada tahun 2001, setelah melewati tahapan uji ilmiah, teknis, fisiologis, dan penerbangan, sebelum berangkat menuju ruang angkasa.

http://www.youtube.com/watch?v=kmnVrW7vGeQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda