Scroll to Top

Siapa Raja Media Sosial di La Liga?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 25 Nov 2011

Messi vs Ronaldo

Cristiano Ronaldo mungkin boleh berbangga. Fans-nya di dunia maya telah menyentuh angka 40 juta lebih. 35 juta di Facebook serta 5 juta di Twitter. Lionel Messi juga boleh jumawa. Akun Facebook-nya kini telah memiliki 26 juta penggemar. Namun apakah mereka berdua yang menjadi raja media sosial di La Liga?

Jika diukur dari kuantitas, tentu saja mereka jagonya. Dengan disusul Kaka, Andreas Iniesta, dan Gerard Pique.

Kaka memiliki 11,7 penggemar di Facebook serta 6,6 juta pengikut di Twitter. Andreas Iniesta memiliki 8 juta penggemar di Facebook serta 1,8 followers di Twitter. Sedangkan Gerard Pique mempunyai 3 juta penggemar di Facebook dan 1,5 juta pengikut di Twitter.

Namun jika dilihat dari kualitas, bagaimana mereka memerlakukan fans dan mengorganisir akun-akunnya, maka Cesc Fabregas dan Iker Casillas lah pemenangnya. Mengapa demikian?

Sebuah perusahaan yang bergerak di media sosial olahraga, Comunicar es Ganar, beberapa waktu lalu mengeluarkan pernyataan jika, di media sosial tak selalu berkutat akan jumlah pengikut, namun bagaimana memerlakukan pengikutnya itu.

“Entah 2 atau 15 juta pengikut Anda, angka-angka tersebut tidak berlaku secara otomatis saat membangun imej positif Anda,” tegas Yuri Morejon, Direktur Cominicar de Ganar.

“Imej seorang pemain tidak hanya dari nilai komersil dia di lapangan. Tidak hanya dari cara dia bermain. Namun juga bagaimana dirinya berkomunikasi. Sangat sedikit pemain professional yang memanfaatkan internet untuk itu,” tambahnya.

Iker Casillas di Facebook dan Cesc Fabreagas di Twitter, adalah sedikit pemain yang mampu menggunakan media sosial sebagai alat bagi mereka untuk membangun imej tersebut.

Mereka aktif berkomunikasi dengan fans, sabar membalas pertanyaan, sharing kegiatan sehari-hari, dan tidak terkesan sombong dengan asal updates namun kemudian akunnya ditinggal. Dengan demikian, media sosial yang mereka gunakan seperti komunikasi satu arah.

“Sekalipun jarang diturunkan di lapangan, seorang pemain dapat menjaga imejnya di media sosial. Dengan aktif berkomunikasi dengan fans-nya, dan tetap optimis. Esteban Granero (Real Madrid) contohnya,” tegas Yuri Morejon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda