Scroll to Top

1 dari 4 Tweet di Twitter Palsu

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 10 Jun 2015

Twitter Masuk Neraka

Twitter mengalirkan ratusan juta kicauan harian dari ratusan juta pengguna mereka. Siapa menduga, 25% kicauan yang ada di Twitter adalah palsu. Ya, satu dari empat tweet adalah fake! Demikian keyakinan yang diamini peneliti di riset terkini. Seperti apa?

Diterbikan di jurnal “The New Scientist 2015,” fakta mengungkap jika seperempat kicauan yang bergentayangan di linimasa adalah palsu belaka. Ini termasuk kicauan yang tidak kredibel, tweet yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hasil studi lain menyebut, pemirsa Twitter kerap terjebak dan tergiring opininya karena keanegaraman berita yang sangat cepat datang silih berganti. Apa sebenarnya motif di balik kicauan palsu yang beredar di linimasa?

Menukil laman Times of India Rabu (10/6), sejumlah alasan bisa disematkan mulai penyebab negatif, positif, atau hanya sekadar iseng. Bisa saja pengunggah kicauan hanya ingin memancing keingintahuan pembaca dari isu yang digulirkan.

Ada pula sebab lain yang umumnya untuk memainkan atau menggiring opini publik. Satu topik dikicauan yang dimaksudkan untuk mengalihkan isu atau membuat isu baru yang sedianya itu tidak penting atau bahkan menyerang orang lain. Misalkan saja apa yang terjadi di ranah politik.

Jika memang demikian adanya maka publik tidak hanya diminta untuk lebih cerdas menelaah informasi namun juga kritis. Jangan telan mentah-mentah segala kabar dari twitteruniverse namun verifikasi dan bandingkan. Contoh mudah dengan menyinkronkan informasi itu dengan pemberitaan media mainstream.

Komentar Anda