Scroll to Top

8 Fakta Derby Real Madrid vs Atletico Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 26 Nov 2011

Dini hari nanti, kita akan menyaksikan salah satu derby terpanas di Liga Spanyol. Apa lagi kalau bukan El Derbi madrileño atau Derby Madrid antara Real Madrid vs Atletico Madrid.

Real Madrid vs Atletico Madrid (2)

Keduanya sama-sama klub kaya dengan prestasi luar biasa. Meskipun Atletico belakangan tak menghasilkan gelar apa pun, mereka adalah penguasa La Liga pada 1940-an hingga awal 1960-an.

Banyak hal unik berkaitan dengan El Derbi madrileño. Termasuk 8 fakta berikut.

  1. Kedua klub pertama kali bertemu di liga pada musim 1928/1929. Dalam duel tersebut, Madrid mampu menaklukkan Atletico dengan skor 2-1 di kandang. Dalam laga away, mereka melumat sang rival dengan skor lebih telak, 0-3.
  2. Hingga saat ini, Madrid dan Atletico sudah bertemu 146 kali di liga. Madrid unggul jauh dalam rekor kemenangan. Mereka mencatat 80 kali menumbangkan Atletico. Sementara, Los Indios cuma berhasil menang 35 kali. Dalam 146 duel tersebut, Madrid mencetak 262 gol sedangkan Atletico cuma 197 gol.
  3. Dari segi sejarah, pertemuan kedua klub dapat diibaratkan sebagai pertemuan dua kelas sosial yang berbeda. Pendukung Madrid didominasi oleh orang-orang borjuis yang bergelimang harta. Sebaliknya, pendukung Atletico lebih banyak berasal dari kelas pekerja. Akibatnya, Real Madrid dianggap sebagai klub “orang-orang mapan dan para penguasa” sedangkan Atletico adalah klubnya “para pemberontak”.
  4. Awalnya, Atletico adalah klub yang lebih dekat dengan pemerintahan. Namun, keadaan berubah setelah Jenderal Franco, penguasa Spanyol akhir 1930-an hingga awal 1970-an, mengubah pilihan kepada Real Madrid. Keberhasilan Los Blancos menjuarai Liga Champions (saat itu bernama European Cup) lima kali berturut-turut, membuat pemerintah mengeluarkan statemen, “Real Madrid adalah wakil terbaik yang dimiliki Spanyol.” Otomatis, Atletico yang berlawanan dengan Madrid, mengolok-olok Los Blancos sebagai “klubnya pemerintah (busuk) pembuat malu bangsa Spanyol.”
  5. Dalam seluruh kompetisi, 71 partai sudah digelar di Santiago Bernabeu sebelum laga ini. 48 kemenangan diukir Real Madrid. Sementara itu, Atletico cuma bisa mencuri 12 kemenangan di kandang angker ini. Terakhir kali, kemenanga Atletico terjadi pada musim 1999/2000. Artinya, sudah 11 musim lebih Los Indios tak mendapatkan 3 angka di Bernabeu.
  6. Pemain Atletico paling banyak berlaga untuk El Derbi madrileño adalah Aderlado. Ia tampil dalam 27 partai derby. Sementara itu, di kubu Madrid, ada Paco Gento yang berlaga 29 kali menghadapi sang rival sekota. Untuk urusan pencetak gol terbanyak dalam derby ini, ada Carlos Santillana dengan 13 gol.
  7. Ada beberapa pemain yang pernah merasakan kostum kedua tim. Di antaranya, Hugo Sanchez, Bernd Schuster, Juan Eduardo Esnaider, Pedro Jaro, Santiago Solari, dan Jose Antonio Reyes. Nama terakhir, datang ke Real Madrid sebagai pemain pinjaman Arsenal selama semusim sebelum akhirnya merapat kepada sang rival.
  8. Pemain yang paling mengesalkan bagi kubu Atletico mungkin Raul Gonzales. Ia sempat bermain untuk tim junior Atletico Madrid. Gara-gara kebijakan presiden saat itu, Jesus Gil, untuk menutup akademi muda Atletico, Raul pun hijrah ke Real Madrid. Ironisnya, gol pertama Raul untuk Madrid adalah ke gawang Atletico dalam derby awal November 1994.

Maka, siapakah yang akan menang dalam laga ini? Apakah dengan adanya wasit Mateu Lahoz yang memimpin laga ini, Madrid akan kembali menang? Atau sebaliknya, Atletico akan menaklukkan rival yang terlalu banyak mendapatkan gelar juara Liga Spanyol?

Real Madrid vs Atletico Madrid (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda