Scroll to Top

Musik Jogja Menarik Perhatian Dunia

By Aditya / Published on Saturday, 26 Nov 2011

Selama ini Jogja memang dikenal sebagai kota seni. Namun, untuk urusan musik, pamor kota ini masih berada di bawah bayang-bayang Jakarta, Bandung, atau Surabaya. Inilah yang membuat musisi Jogja berbenah untuk turut ambil bagian dalam gegap-gempita permusikan di Indonesia. Sejumlah duta musik dari Jogja pun kemudian mencuat, sebut saja Sheila On 7, Jikustik, Letto, Endank Soekamti, Shaggy Dog, dan lainnya.

Di jalur musik indie, produk Jogja ternyata lebih menggairahkan, bahkan sudah menjadi perbincangan publik internasional. Komunitas musik Jogja semacam Melancholic Bitch, Frau, Airport Radio, Jogja Hip Hop Foundation, dan lain sebagainya, mulai menarik perhatian dunia. Ketertarikan publik itu disebabkan karena musisi Jogja punya sesuatu yang unik dan berbeda, serta berani melawan mainstream.

Menurut pengamat musik, Denny Sakrie, musisi Jogja sangat eksploratif dan mampu melakukan sesuatu yang out the box. Selain itu, idealisme tinggi yang masih dipegang teguh oleh para musisi Jogja memantik daya tarik tersendiri bagi masyarakat musik internasional.

”Konsep kesenian dan kekhasan budaya yang terasa tinggi dengan komunitas budaya komunal memberikan bekas pada pelaku musik (di Jogja) sekarang,” tutur Denny Sakrie di Jogjakarta, Kamis (24/11).

Denny Sakrie menambahkan, yang lebih menarik perkembangan musik di Jogja tidak seragam. Di kota ini banyak muncul musik lintas aliran namun tetap mampu berkibar, eksis, dan berkualitas. Hal itu, pungkasnya, memperlihatkan bagaimana para musisi Jogja masih menjunjung tinggi idealisme dalam bermusik tanpa takut tidak dilibatkan dalam industri musik di tanah air yang hanya memikirkan keuntungan materi semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda