Scroll to Top

Roberto Soldado Melewati Rekor Gol David Villa di Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 26 Nov 2011

Lupakan David Villa yang pergi dan “dipaksa” bermain sebagai penyerang sayap di Barcelona. Publik Valencia memiliki Roberto Soldado. Mantan pemain Real Madrid ini baru saja menyamai rekor Juan Sanchez sebagai pencetak gol terbanyak Valencia di Liga Champions.

Roberto Soldado

Ya, David Villa boleh saja menjadi top skorer timnas Spanyol sepanjang masa hingga hari ini. Namun, urusan mencetak gol di kompetisi tertinggi antar klub Eropa, Villa kurang beruntung. Kebiasaan El Che untuk hanya berkompetisi di Europa League pada eranya, membuat gol di Liga Champions pun sedikit.

Satu-satunya pemain Valencia yang mampu menembus 11 gol sebelum Soldado adalah Juan Sanchez. Penyerang yang memperkuat Valencia selama enam musim ini memang tidak banyak mencetak gol di kompetisi domestik.

Namun, ia menjadi salah satu pahlawan Valencia ketika mereka sukses menembus final dua tahun berturut-turut. Yaitu, musim 1999/2000 dan 2000/2001.

Bahkan, pada musim yang disebut terakhir, ia menjadi pencetak 2 dari 3 gol ke gawang Leeds United dalam second leg babak semifinal. Salah satunya, lahir dari tangan. Berkat gol-gol ini El Che lolos dengan agregat 3-0.

Dari segi pencapaian, Soldado bahkan lebih baik daripada Sanchez. Mantan penyerang Valencia membuat 11 gol dalam tiga musim. Pada musim 1999/2000, ia mencetak 3 gol. Musim berikutnya, 5 gol. Musim terakhir 2002/2003, ia membobol gawang lawan 3 kali.

Sementara itu, Soldado mencetak 11 gol hanya dalam dua musim. Pada musim 2010/2011, ia mencetak 6 gol. Musim ini, dalam 5 pertandingan, Soldado mengemas 5 gol berkat hattrick ke gawang Genk.

Rekor gol Soldado akan bertambah jika ia mampu menaklukkan Petr Cech di Stamford Bridge. Tentunya, sang penyerang berusia 26 tahun ini ingin melakukannya. Tidak hanya agar Valencia lolos ke babak berikut, tetapi juga demi membuktikan kualitasnya menjelang Euro 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda