Scroll to Top

Makanan Berprotein Bantu Tahan Lapar Sampai Dua Jam

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Nov 2011

ikan sumber protein

Anda jago ngemil? Hobi inilah yang bakal membuat badan Anda semakin tambun. Tentu saja, dengan berat badan berlebih akan meningkatkan berbagai potensi penyakit yang muncul dalam jangka panjang. Seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, atau jantung. Pastinya, menjaga pola makan itu penting untuk ukuran hidup di zaman yang serba instan ini.

Nah, kalau Anda ingin ngemil sekaligus menjaga berat badan, gantilah menu ngemil itu dengan makanan yang mengandung protein. Karbohidarat dan gula tinggi yang ada pada kebanyakan camilan instan, bisa Anda ganti dengan makanan berprotein seperti kacang-kacangan, ikan, telur, dan sebagainya. Karena, protein menghasilkan kalori lebih sedikit dan bisa menekan rasa lapar lebih lama.

Sebuah studi yang dilakukan Alison Grosby dari Universitas Sydney Australia, berkesimpulan, dengan mengonsumsi makanan berprotein mampu menunda rasa lapar sampai dua jam setelah. Ini dibuktikan dengan menguji 22 relawan yang sedang diet yang terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk makan  makanan dengan pengurangan kadar porsi  protein 10 persen. Kelompok kedua diberikan makanan dengan protein  sebesar 15 persen. Kelompok pertama ternyata mempunyai 260 kalori lebih banyak setiap harinya. Beda halnya dengan kelompok kedua. Kalori yang terserap pada kelompok ini, dari camilan lain yang mereka makan, hanya 70 persennya.

Artinya, memasukkan protein lebih banyak dalam menu diet Anda cukup efektif mengurangi berat badan. Dengan menambahkan olahraga sebagai bagian dari agenda diet Anda, akan jauh lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda