Scroll to Top

4G LTE Menjangkau Seluruh Wilayah Jakarta Akhir 2015

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 17 Jun 2015

4G LTE

4G LTE bakal bisa dinikmati seluruh pelosok Jakarta pada akhir 2015 nanti. Demikian janji Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) beberapa hari lalu. Dikatakannya, 4G LTE yang mulai dikomersialkan pada Desember 2014, pada akhir tahun ini ditargetkan sudah bisa “menyelimuti” seluruh kawasan Ibu Kota.

Di sela-sela seminar Transformasi Cities Forum 2015 di Jakarta beberapa waktu lalu, Rudiantara telah berjanji kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaya Purnama untuk merealisasikan ini. Orang nomor satu di Jakarta itu ingin membuat Ibu Kota menjadi smart city.

“Saya janjikan akhir tahun ini semua wilayah terjangkau 4G,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rudiantara menyarankan Ahok untuk membuat regulasi khusus yang mewajibkan gedung-gedung di Jakarta membuat saluran yang membuat mudah sambungan jaringan telekomunikasi. Operator telekomunikasi seluler pun juga telah didorong membangun infrastruktur di Jakarta dan ekspektasinya bisa diperluas ke wilayah lain.

Hingga saat ini, jaringan 4G LTE masih mengandalkan spektrum 900 MHz yang dinilai kurang ideal. Disebut idealnya di 1.800 MHz, untuk saat ini jalan menuju ke sana masih dalam tahap penataan. Tata ulang letak posisi blok spektrum 1.800 MHz milik empat operator GSM dibuat berdampingan agar bisa memberikan layanan maksimal.

“Sekarang kita dorong biar 1.800 MHz ini selesai dan bisa maksimal nanti kecepatan internet kita,” imbuh Rudiantara.

Sejak 1 Mei 2015 lalu penataan spektrum 1.800 MHz telah dilakukan yang dimulai dari Maluku dan Maluku Utara. Penataan ini terus berlanjut hingga Indonesia Bagian Barat yang akan berakhir di kawasan Jabodetabek.

Komentar Anda