Scroll to Top

Pengangkatan Ovarium Tidak Meningkatkan Resiko Kematian

By Ika / Published on Sunday, 27 Nov 2011

Ovarium adalah bagian tubuh wanita yang bertugas menghasilkan sel telur, di mana sel telur ini tentunya berfungsi dalam hal reproduksi. Dalam beberapa kasus, wanita harus merelakan ovariumnya diangkat/diambil karena adanya masalah kesehatan. Pengangkatan ovarium ini ternyata menimbulkan kekhawatiran lain karena diduga akan menyebabkan masalah kesehatan dan dianggap berbahaya, bahkan dikatakan bisa meningkatkan resiko kematian.

operasi angkat ovariumSebuah penelitian yang berkaitan dengan pengangkatan ovarium ini telah dilakukan di California untuk mengatasi kekhawtiran tersebut. Studi ilmiah ini ditulis oleh Katherine Henderson dari The Beckman Research Institute of the City of Hope National Medical Center.

Seperti dikutip Sidomi News dari Reuters, diungkapkan bahwa studi tersebut melibatkan sekitar 150.000 wanita di California. Hasil studi menunjukkan bahwa wanita berusia 45 tahun atau lebih dan mengalami pengangkatan ovarium, ternyata memiliki resiko kematian yang sedikit lebih rendah bila dibandingkan dengan wanita yang tidak mengalami operasi tersebut. Selanjutnya, bagi mereka yang mengalami operasi pengangkatan ovarium pada usia di bawah 45 tahun, tetap tidak ada peningkatan resiko kematian.

Menurut peneliti, melakukan prosedur pengangkatan ovarium diduga dapat mengurangi resiko terkena kanker ovarium, di mana jenis kanker ini termasuk kanker yang sulit sekali dideteksi dan baru diketahui setelah masuk stadium lanjut.

Namun studi ini masih dalam tahap awal, di mana kesimpulannya belum terlalu akurat dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Apalagi mengingat pengangkatan ovarium akan menimbulkan menopause dini yang tentunya memiliki efek tersendiri bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda