Scroll to Top

iBall Splendo, Komputer Mini Sebesar Flash Drive Dilengkapi Mouse & Keyboard

By Ditya / Published on Saturday, 20 Jun 2015
iBall Splendo
iBall Splendo

iBall Splendo adalah komputer mini seukuran flash drive yang baru saja diluncurkan di India. Sama seperti komputer sejenis, iBall Splendo ini dikembangkan dari basis Intel Compute Stick yang mengandalkan dukungan prosesor Atom dan ukuran yang sangat kecil.

Berbeda dari kebanyakan komputer mini berbasis Intel Compute Stick lainnya, iBall Splendo ini menggunakan desain fanless atau tanpa kipas. Hal ini sangat cocok bagi pengguna yang tak ingin terganggu dengan suara kipas saat konsentrasi bekerja.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh komputer mini iBall Splendo ini tak jauh berbeda dengan produk sejenis yang dirilis lebih dulu. iBall Splendo ditenagai prosesor Intel Atom Z3735F quad-core generasi Bay Trail berkecepatan 1,83GHz yang didukung oleh 2MB cache, memori RAM 2GB DDR3 dan diperkuat oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics.

Tak hanya itu, komputer mini iBall Splendo dengan dukungan memori internal berkapasitas 32GB yang didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Konektivitas iBall Splendo mengandalkan WiFi, Bluetooth, dan dua port microUSB. Juga tersedia dua port USB 2.0 untuk menghubungkan iBall Splendo dengan mouse, keyboard atau perangkat lainnya.

Secara umum, kinerja yang ditawarkan oleh iBall Splendo tak jauh berbeda dengan sebuah netbook. iBall Splendo ini cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari, seperti browsing, chatting, membuat dan mengedit dokumen office, dan sebagainya.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (19/06/2015), komputer mini iBall Splendo ini akan segera dipasarkan di negara asalnya, India, dengan harga yang tak terlalu mahal, yakni $150 atau sekitar Rp 2 juta. Komputer ini sangat cocok bagi penggunayang membutuhkan komputer murah yang handal.

Komentar Anda