Scroll to Top

Ponsel Tercebur ke Air? Lakukan 6 Pertolongan Pertama Ini

By Ibnu Azis / Published on Friday, 26 Jun 2015

Ponsel Air

Ponsel kecemplung air adalah satu kondisi yang paling tidak diinginkan oleh pemiliknya. Ada dua alasan sebab, pertama, jelas ponsel pasti “rusak.” Kedua, jika ke service center tidak bisa klaim garansi. Pernah mengalaminya? Jangan panik dahulu dan lakukan enam langkah ini sebagai pertolongan pertama.

1. Lepaskan casing ponsel dan apabila basah lap saja dengan kain lap lembut agar tidak memuat casing ponsel tergores dan lecet.

2. Pakai obeng buka bodi ponsel lalu pisahkan antara LCD, PCB, dan tulang tengah ponsel.

3. Bersihkan aksesoris ponsel seperti vibra, mic, speaker phone, LCD dengan hati-hati menggunakan lap lembut dan bersih.

4. Pada bagian PCB yang terdapat IC lakukan blower atau solder uap dengan ukuran udara 3 dan panaskan 3, ambil PCB lalu blower dengan posisi miring agar air yang ada di bagian bawah IC bisa keluar. Lakukan dengan sabar dan merata. Semprotkan cairan pembersih ke PCB mengenai kaki-kaki bagian bawah dan bila masih ada air maka akan menyingkir. Akhiri dengan blower.

5. Beri Siong K pada IC BGA di IC Power, Charging Audio serta pengontrol keypad. Pada bagian ini sering bermasalah dan selanjutnya panasi lagi dan biarkan Siong K meresap di kaki-kaki bawah sehingga bisa merekat dan menyekat agar tidak terjadi konsleting akibat air.

6. Setelah selesai penanganan, jangan tergesa-gesa memasang. Biarkan minimal 1 – 2 hari hingga betul-betul telah terjadi netralisasi. Patut diketahui ponsel terkena air tidak berumur panjang sebab biasanya salah dalam penanganan.

Komentar Anda