Scroll to Top

Review Samsung Galaxy S II

By Nope / Published on Wednesday, 15 Jun 2011

Mulai bulan Juni, Sidomi.com disamping terus memberikan update news juga akan memberikan review gadget & mobile dengan harapan para pembaca bisa mendapatkan informasi dari review dan bisa dijadikan pedoman dalam memilih gadget yang terbaik dikelasnya, baik itu berupa harga, hardware/spesifikasi, kekurangan dan kelebihan gadget tersebut.

Sebagai pembuka, kami akan mereview salah satu smartphone Android yang diproduksi oleh Samsung yaitu Samsung Galaxy S II yang mulai dipasarkan pada april kemarin di kawasan Amerika Utara dan rencananya akan masuk ke Indonesia pada kuartal ketiga tahun ini.

Spesifikasi Galaxy S II

  • Jaringan : GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 850/900/1900/2100
  • Berat : 116 Gram
  • Jenis Layar : kapasitif Touchscreen, Super Amoled 16 juta warna
  • CPU : Dualcore 1,2 GHz ARM Cortex-A9, Mali-400MP GPU
  • Memori internal : 16GB, 32 GB
  • RAM : 1 GB
  • Memori eksternal : microSD maksimal 32 GB
  • Konektifitas Data : GPRS 12, EDGE 12, HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5,7 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Hotspot
  • Bluetooth 3.0 + Handsfree
  • Kamera : Belakang 8 MP + LED Flash, Depan 2 MP
  • Rekam Video : 1080p @30fps
  • Browser : HTML, support Flash
  • Radio : Stereo FM dengan RDS
  • OS : Android 2.3 Gingerbread
  • Baterai : Li-ion 1650 mAh

Desain
Tipis dan ringan. Itulah kesan pertama kali saat menggenggam Samsung Galaxy S II. Dengan tipis sekitar 8.5mm Samsung Galaxy S II terlihat lebih tipis dibanding pendahulunya. Penggunaan material plastik rupanya juga mempengaruhi bobot Samsung Galaxy S II yang hanya 116gr.

Layar
Dengan menggunakan super Amoled plus, Samsung Galaxy S II membawa sedikit perubahan yang tentunya sangat memanjakan mata dengan kejernihan dan brightnes yang pas pada layarnya. Dengan lebar 4.3-inch display dan kedalaman piksel 480×800, Galaxy S II mempunyai layar yang lebar dan lebih jernih. Berikut ini kita ambil contoh layar super amoled pada samsung dan amoled pada nokia N8. Bisa dilihat Super amoled pada Samsung Galaxy S II bisa lebih tajam dan unggul daripada layar Amoled pada Nokia N8.

[youtube dqCnITMkQqg]

Performa
Galaxy S II sangat responsif saat digunakan untuk mengakses menu-menu, bahkan ketika digunakan multitasking sekalipun seperti membuka mp3 player, browsing, dan memainkan game secara bersamaan. Performa yang hebat dalam Galaxy S II memang dipengaruhi oleh jenis prosesor dualcore 1,2 GHz dari ARM.

[youtube 5vQTEbfZDbM]

Ditambah RAM 1GB dan GPU yang terintegrasi membuat Galaxy S II sangat smooth dan tidak berat saat membuka aplikasi-aplikasi secara bersamaan. Galaxy S II yang mempunyai performa luar biasa, memang sengaja dipersiapkan oleh Samsung untuk bersaing dengan smartphone-smartphone lain seperti iPhone, Blackberry, bahkan sesama pengguna os Android semisal produk-produk dari Motorola, dan HTC sekalipun. Dari hasil test benchmark, Samsung Galaxy S II unggul atas smartphone-smartphone android lainnya.

[youtube miSbnTj3UrM]

[youtube d_mB-KA-a3M&NR=1]

OS Android 2.3
Ibarat kata, smartphone tanpa aplikasi yang mendukung, seperti sayur tanpa garam. Dengan mengadopsi android sebagai sistem operasi, Galaxy S II tidak kesulitan dalam mencari aplikasi-aplikasi yang kini sudah tersedia di Android market yang jumlahnya kini mencapai 200.000an aplikasi. Dan di era smartphone seperti sekarang, jumlah dan kualitas aplikasi-aplikasi yang mendukung suatu sistem OS yang terpasang pada smartphone sangat berpengaruh pada kesuksesan penjualan smartphone tersebut. Contohnya iPhone dari Apple yang benar-benar sukses yang salah satunya didukung faktor aplikasi-aplikasi yang tersedia di Appstore.

Kamera & Rekam Video
Kamera 8 Megapiksel plus LED Flash yang terpasang di Galaxy S II serasa anda memiliki kamera pocket. Dan hasilnya pun memuaskan. Dan kamera depan yang berukuran 2 MP sudah sangat cukup untuk digunakan sebagai fasilitas video call. Untuk fitur rekam videonya, Galaxy S II sudah mampu menghasilkan video HD berukuran 1080 p dengan 30fps.
hasil jepretan kamera bisa anda lihat pada link ini .

Konektifitas data dan browser
Samsung memang menyiapkan Galaxy S II mampu berjalan pada kanal data HSDPA, HSUPA. Dengan jaringan data tersebut, samsung seolah membuat penggunanya selalu terkoneksi dengan jaringan internet kecepatan tinggi. Dengan Support HTML dan flash, membuat Galaxy S II begitu asik digunakan untuk surfing di dunia maya dan mengakses situs-situs yang membutuhkan flash. Ketika ditest dengan SunSpider JavaScript Benchmark 0.9 untuk performa browsernya, Samsung Galaxy S II kembali unggul atas rival-rivalnya.

[youtube HqxKHGO9HhM]

Hasil Review Samsung Galaxy S II :
Keunggulan
+ Desain tipis dan ringan
+ Layar Super Amoled
+ Prosesor dulacore dan RAM 1GB
+ Support HSDPA dan HSUPA
+ Support flash dan HTML untuk browsernya
+ OS Android
+ Kamera 8 megapiksel
+ Kualitas audio sangat baik

Kekurangan
- Body Plastik
- Tidak ada tombol kamera
- MicroSD tidak hot-swap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda