Scroll to Top

Eneko Satrustegui: Pemain Yang Memecahkan Rekor Selalu Terkena Kartu Merah

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 28 Nov 2011

Eneko Satrustegui

Eneko Satrustegui mungkin tidak terlalu dikenal oleh penggemar La Liga sekalipun. Pemain bernomor 27 ini ada dalam skuad Osasuna, klub yang lebih sering dijadikan sasaran pembantaian klub raksasa.

Namun, mulai hari ini kita akan mencatatnya dalam memori. Dua kali menjadi starter musim ini, dua kali pula Satrustegui menerima kartu merah.

Pada 6 November 2011 lalu, Satrustegui memulai debutnya bersama Los Rojillos, julukan Osasuna. Ia berada dalam horor pembantaian Osasuna 7-1 oleh Real Madrid.

Namun, ia cuma bermain selama 54 menit. Ia menerima kartu kuning pertama di menit 32.

Dua puluh menit kemudian, Satrustegui diperintahkan wasit keluar lapangan. Ia sempat menerima hukuman sekali laga pada pekan 12. Saat itu, Osasuna ditahan Rayo Vallecano 0-0.

Pekan ini, Satrustegui kembali dipilih oleh pelatih José Luis Mendilibar. Namun, kesialan kembali berlanjut. Sang pemain bernomor 27 memang diturunkan sebagai starter saat klubnya bertandang ke Espanyol. Pemain belakang ini terkena kartu kuning di menit 45.

Sempat tenang di awal babak kedua, Satrustegui kembali dikeluarkan wasit sebelum laga berakhir. Menit 76, ia diberi kartu merah setelah melanggar Vladimir Weiss.

Beruntunglah kali ini Osasuna tidak berhadapan dengan klub sekelas Real Madrid. Mereka tetap mampu memenangkan laga dengan skor 1-2.

Kejadian konyol kartu merah dalam dua laga ini mencatatkan Satrustegui sebagai pemain dengan disiplin terburuk dalam sejarah La Liga. Sebelumnya, rekor dipegang oleh pemain Portugal, Emilio Peixe. Pada 1990-an, ia bermain untuk Sevilla. Dalam lima pertandingan, Peixe menerima 2 kartu merah.

Sementara, selain Satrustegui, ada 7 pemain yang diberi kartu merah dalam laga debut mereka. Lagi-lagi, dari ketujuh pesepakbola itu, tak ada yang diberi kartu merah lagi dalam laga kedua di La Liga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda