Scroll to Top

Daging Ayam dan Telur Sangat Baik Untuk Memori Otak

By Ika / Published on Monday, 28 Nov 2011

Telur AyamCholine atau kolin adalah suatu zat yang masih termasuk dalam vitamin B, merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Kolin berperan membantu pertumbuhan jaringan dan fungsi organ tertentu, salah satunya adalah otak. Menurut ilmuwan, mengkonsumsi kolin dapat melindungi otak dan mencegah turunnya daya ingat akibat penuaan usia.

Sebuah studi ilmiah telah dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Boston.  Studi yang dilakukan dengan metode survey ini melibatkan sekitar 1.400 orang dewasa yang berusia 36-83 tahun. Mereka diberi kuisioner sekitar tahun 1991-1995, kira-kira 7-10 tahun kemudian semua partisipan tersebut menjalani tes memori, tes kemampuan kognitif, dan menjalani scan otak MRI. Dari hasil tes tersebut diketahui bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi makanan kaya kolin, rupanya memiliki memori otak yang cukup baik.

Seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail, salah satu peneliti bernama Dr.Rhoda Au mengungkapkan bahwa asupan kolin yang dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan kinerja otak, khususnya dalam hal daya ingat atau memori. Selain itu, kolin diduga mampu menurunkan resiko demensia, di mana demensia ini berhubungan erat dengan penyakit berbahaya seperti Alzheimer. Dr. Au juga menambahkan bahwa seseorang yang jarang mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolin akan beresiko mengalami penurunan mental.

Lalu dari manakah nutrisi kolin ini bisa kita dapatkan? menurut peneliti, kolin bisa ditemukan di beberapa macam makanan. Misalnya ayam, telur, ikan laut, maupun kacang-kacangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda