Scroll to Top

Sebelum Hewan Piaraan Diajak Perjalanan Jauh, Perhatikan Tips Ini

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Nov 2011

hewan piaraan

Punya piaraan di rumah kadang merasa kasihan bila harus dititipkan atau ditinggal di rumah saat harus pergi untuk perjalanan jauh. Keinginan untuk membawa serta hewan itu dalam perjalanan wisata pun akhirnya terbetik dalam pikiran. Perjalanan terasa tidak lengkap tanpa mengajak piaraan bermain bersama. Anjing dan kucing adalah contoh piaraan yang paling sering diajak pergi.

Kalau Anda juga tipe yang demikian, maka sebaiknya perhatikan hal berikut ini yang dikutip Media Indonesia:

  • Sebelum memutuskan membawa hewan piaraan ikut perjalanan, kenali seberapa kuat ketahanan tubuhnya untuk berlama-lama dalam kendaraan. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli hewan atau menguji ketahanan dengan mengajaknya melakukan perjalanan singkat. Kalau mudah stres sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membawanya pergi jauh.
  • Jangan tinggalkan piaraan sendirian di mobil pada tempat parkir. Kalau suhu di dalamnya meningkat tajam, itu bisa berakibat pada kelumpuhan, otak rusak, dan berakhir dengan kematian.
  • Disarankan untuk menempatkannya di jok belakang. Dan, jangan biarkan jendela di samping piaraan terbuka untuk mengindarinya melongok keluar jendela. Kalau dia terbentur akan fatal akibatnya.
  • Menggantungkan kalung identitas di leher piaraan itu perlu. Apalagi, jika Anda menggunakan pesawat. Identitas Anda juga sebaiknya ada di kandang yang dipakai piaraan.
  • Carilah informasi pelayanan kesehatan untuk hewan di tempat tujuan. Jika sewaktu-waktu memerlukannya, Anda bisa langsung menghubungi.
  • Bawa piaraan Anda dalam keadaan sehat. Beberapa tempat memerlukan sertifikasi atas data vaksin yang telah dilakukan pada hewan piaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda