Scroll to Top

Keren! Seekor Serangga Cyborg Untuk Kegiatan Militer

By Ivan Azzam / Published on Monday, 28 Nov 2011

Sepertinya bukan waktu lama lagi untuk melihat teknologi robotika yang semakin canggih. Lihat saja, sekelompok peneliti di University of Michigan mencoba mencari cara untuk mendapatkan tenaga listrik dari gaya kinetik dari serangga dan panas tubuhnya.

Cyborg bug

Dari sebuah paper di Journal of Micromechanics and Microengineering, tim peneliti dari Khalil Najafi dan rekannya membuat generator piezoelektrik dimana generator ini bisa membuat listrik dalam jumlah kecil dari gerakan seekor serangga yang dilengkapi peralatan khusus.

Tenaga listrik ini nantinya berpotensial menjadi sumber tenaga untuk perangkat elektronik, sebut aja mikropon, kamera, atau peralatan apapun yang bisa dimasuki serangga, dikutip dari Najafi.

Lalu apa tujuannya membuat perlengkapan untuk serangga ataupun generator listrik tersebut? DARPA melalui program yang bernama Hybrid Insect Micro Electromechanical Systems (HI-MEMS) bertujuan menggunakan serangga cyborg untuk kepentingan militer. Jadi serangga yang digunakan akan memiliki semacam generator di sayapnya dan bisa membuat tenaga listrik sebesar 45 µW (mikrowatt). Karena potensi besar inilah maka para peneliti mencari cara untuk segera mengkomersilkannya.

Lihat video dibawah ini seputar serangga cyborg:

(via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda