Scroll to Top

Nottingham Forest: Juara Eropa Yang Sekarang Tinggal Nama

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Jun 2011

The Big Four dalam Premier League (Liverpool, Manchester United, Arsenal, dan Chelsea) mungkin banyak menangguk penggemar dalam dua dekade terakhir. Prestasi mereka di tingkat domestik dan Eropa menjadi garansinya. Misalnya, di Liga Champions, semua anggota The Big Four pernah merasakan Final Liga Champions sejak 2004. Manchester United menjuarai sekali dan dua kali kalah. Liverpool menjuarai sekali dan sekali terhenti di final. Arsenal dan Chelsea, meski tidak sebaik dua klub terdahulu, berhasil mencapai final.

Sedikit yang menyangka, ada tim Inggris selain The Big Four yang pernah menguasai Eropa. Apalagi klub itu kini meringkuk di Divisi Championship (Divisi Satu) Liga Inggris. Ya, ada nama Nottingham Forest yang pernah menjuarai Liga Champions pada 1979 dan 1980 (kala itu namanya masih European Cup).

Prestasi Nottingham Forest di tingkat domestik dan Eropa pada akhir 1970-an memang sangat spektakuler. Mereka promosi dari Divisi Dua ke Divisi Satu (sekarang dari Divisi Championship ke Premier League) pada musim 1977/1978. Di musim pertama, mereka langsung menjuarai Divisi Satu; sebuah rekor yang mengagumkan.

Prestasi ini dilanjutkan di tingkat Eropa. Musim berikutnya, sebagai juara Inggris, Nottingham Forest mendapatkan jatah bermain di European Cup. Hasilnya maksimal. Di final, mereka menaklukkan Malmö FC (klub Swedia) 1–0 di Munich.

Musim berikutnya, Nottingham Forest kembali berlaga di European Cup sebagai juara bertahan. Mereka mampu mempertahankan gelar juara Eropa setelah mengandaskan Hamburger SV (klub Jerman) dengan skor 1-0 pula.

Sayangnya, kini Nottingham Forest hanyalah klub “kelas dua”. Setelah sempat nyaris terdegradasi ke Divisi Dua, dalam dua musim terakhir, klub berjuluk The Tricky Trees ini bernasib apes. Mereka selalu gagal dalam play-off masuk ke Premier League.

Ingin bangkit seperti masa jayanya, pada musim 2011/2012 mendatang Nottingham Forest mendapuk Steve McClaren sebagai manajer. Pengalaman McClaren melatih Middlesbrough dan Inggris diharapkan akan membawa The Forest masuk Premier League musim berikutnya. Bisakah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda