Scroll to Top

Andre Villas-Boas: Pelatih Titisan Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Jun 2011

Semua orang akan membicarakan Jose Mourinho sebagai pelatih tersukses Portugal hingga awal musim ini. Maklum, Mourinho sukses menukangi tiga tim: FC Porto di Liga Portugal, Chelsea di Liga Inggris, dan Internazionale di Liga Italia. Bahkan, semua tim tersebut pernah merasakan gelar juara liga di bawah sepuhan Mou.

Namun, musim ini Mourinho mesti berbagi gelar pelatih tersukses itu dengan Andre Villas-Boas, pelatih Porto saat ini. Villas-Boas sebenarnya termasuk salah satu asisten Mourinho dalam petualangannya menukangi tiga tim tadi.

Barulah pada musim 2009/2010, Villas-Boas berdiri sendiri. Ia menangani klub Liga Portugal, Académica de Coimbra. Kala itu Academica tengah menyelamatkan diri dari jurang degradasi. Villas-Boas datang pada waktu yang tepat. Ia tidak hanya membuat Academica bertahan, tetapi juga membuat Academica mampu menampilkan permainan atraktif.

Karier kepelatihan Villas-Boas semakin meroket. Pada awal musim 2010/2011, ia didapuk untuk menangani tim terbaik Portugal, FC Porto. Di musim pertamanya, Villas-Boas langsung memberikan empat gelar sekaligus, yaitu Piala Super Portugal, Liga Portugal, Europa League, dan terakhir Piala Portugal.

Selain mempersembahkan banyak gelar, Villas-Boas juga mencatatkan rekor. Ketika menekuk rekan sesama klub Portugal, Braga, di final Europa League, Villas-Boas tercatat sebagai pelatih termuda yang meraih gelar tingkat Eropa. Ia mencapai hal itu pada usia 33 tahun.

Dengan tangan dinginnya ini, tidak salah jika Villas-Boas disejajarkan dengan Mourinho. Ia pun digadang-gadang akan menangani salah satu tim besar di tiga liga terbaik Eropa (Liga Italia, Liga Inggris, atau Liga Spanyol). Mourinho sang senior sudah melakukannya dengan melatih Chelsea di Inggris, Internazionale di Italia, dan Real Madrid di Spanyol. Mengapa Villas-Boas tidak bisa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda