Scroll to Top

Cara Luruskan Bentuk Udang Saat Digoreng

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Nov 2011

udang gorengUdang kerap menjadi menu yang muncul dalam suatu acara jamuan makan. Rasa makhluk air ini memang sungguh lezat dan bergizi tinggi, meski juga punya kadar kolesterol tinggi. Hanya saja, udang seringkali berubah bentuk saat dimasak. Bentuknya tidak lagi lurus dan cenderung membengkok.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Selanjutnya, perut udang dikerat sembari memberikan guratan-guratan pendek di sekujur perutnya. Kalau itu sudah Anda lakukan, lanjutnya dengan “memanjakan” udang. Caranya, taruh udang di telenan dan pijatlah perlahan seperti gerakan memijat pada umumnya.

Salah satu fungsi pijatan ini membuat udang bertambah ukurannya. Udang bisa memanjang dua sampai lima centimeter. Semakin panjang ukurannya, maka urat udang yang membuat tubuhnya bengkok akan putus. Dengan putusnya urat tersebut, maka lebih mudah memasak udang dalam posisi lurus.

“Kalau uratnya sudah putus, nggak akan bengkok lagi saat digoreng,” kata Koesriani, Chef Restoran Sakura, Jakarta, seperti dikutip Republika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda