Scroll to Top

Yuk Bikin Rumah Jadi Sehat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

Keluarga sehat berawal dari rumah yang sehat pula. Rumah yang bersih dan selalu terjaga dari pelbagai penyebab penyakit membuat penghuninya tercegah dari kontaminasi kuman berbahaya. Meski kuman tidak kasat mata, namun bisa diantisipasi kehadirannya dengan melakukan beberapa aktivitas yang tidak disukai kuman. Bahkan, aktivitas tersebut bisa mematikan siklus hidupnya.

rumah sehat

Nah, untuk itu, selalu rajin membuka jendela pada siang hari. Jangan karena Anda selalu berada di ruang ber-AC, lantas enggan memasukkan udara alami ke dalam ruangan. Ruangan yang tidak pernah mendapatkan udara segar dari alam bebas akan membuat kuman menumpuk dan udara jadi tidak segar.

Jangan heran bila ruang ber-AC aromanya begitu pengap dan lembab ketika pendingin udara itu dimatikan tanpa ada pertukaran udara. Pergantian udara sangat diperlukan pada semua ruang di dalam rumah. Bahan kimia yang “menginfeksi” udara pun akan turut hilang. Seperti bau cat atau furnitur.

Selanjutnya, matikan kuman yang ada di atas kasur Anda dengan cara menjemurnya. Kuman tidak tahan dengan panas tinggi. Ganti juga sprei Anda secara rutin. Lakukan penjemuran kasur minimal seminggu sekali.

Bersihkan pula selokan yang mengelilingi rumah Anda secara rutin. Pastikan tidak ada sesuatu yang menggenang yang bisa menjadi sarang nyamuk atau hewan berbahaya lainnya. Saat musim hujan tinda, selokan biasanya jadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Kuras dan bersihkan bak mandi seminggu sekali.

Jika Anda suka berkendara dengan mobil, jangan langsung masukkan ke garasi saat pulang. Meski sudah dimatikan, masih ada sisa pembakaran bahan bakar yang keluar dari mesin. Udara pun menjadi tercemar gas berbahaya. Apalagi, jika garasi Anda berdampingan langsung dengan rumah, gas beracun ini bisa memenuhi ruangan dan terhirup oleh penghuni rumah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya biarkan dulu mobil Anda di luar selama satu atau dua jam. Terutama, setelah Anda berpergian jauh. Setelah itu, baru Anda kandangkan.

Saat rumah sudah dalam kategori sehat, maka giliran Anda sendiri yang juga harus berperilaku sehat. Artinya, kesehatan lingkungan tidak berarti tanpa disertai komitmen Anda untuk selalu mengupayakan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda