Scroll to Top

PSSI Tak Berhak Hukum Djohar Arifin Husin Seumur Hidup

By Aditya / Published on Sunday, 12 Jul 2015

PSSI Djohar Arifin Husin

Sanksi berat yang dijatuhkan oleh kepengurusan PSSI hasil Kongres Luar Biasa (KLB) 2015 pimpinan La Nyalla Mattalitti kepada Djohar Arifin Husin dipertanyakan oleh sejumlah pihak. PSSI pun dinilai tidak berhak memecat dan menjatuhkan hukuman skorsing seumur hidup kepada Djohar Arifin Husin yang merupakan mantan ketua umum federasi sepakbola Indonesia itu.

”PSSI itu tidak ada haknya untuk menghentikan Djohar Arifin Husin untuk tetap terlibat dalam sepak bola Indonesia,” tukas pengamat sepakbola nasional, Budiarto Shambazy, di Jakarta beberapa waktu lalu.

”Hukuman kepada Djohar Arifin Husin dari PSSI yang melarangnya untuk terlibat dengan sepak bola Indonesia selama seumur hidup, jelas itu melanggar hak, meskipun itu hanya karena Djohar berhubungan dengan Kemenpora yang sedang berkonflik dengan PSSI,” lanjutnya.

PSSI memang telah memecat secara tidak hormat dan melarang beraktivitas di kancah sepakbola seumur hidup karena Djohar Arifin Husin dinilai melanggar etika dengan memenuhi undangan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Djohar Arifin Husin terbukti melanggar Kode Etik atas perbuatannya di mana pada 23 Juni 2015 menghadiri pertemuan dengan Menpora sebagai Ketua Umum PSSI 2011-2015 dan membahas kompetisi, pemain, dan perangkat pertandingan,” papar Anggota Komite Etik PSSI, Haryo Yuniarto.

“Itu seharusnya tidak dilakukan. Kesalahan Djohar Arifin Husin juga telah ditemukan bukti berupa hasil rapat dengan beberapa pihak. Ia mengeluarkan pernyataan provokatif dan penghinaan, yang menyatakan pengurus PSSI 2015-2019 tidak qualified,” tambahnya.

 

Komentar Anda