Scroll to Top

Hulk dari Porto Siap ke Premier League atau Serie-A

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Jun 2011

Di film, Hulk dikenal sebagai sosok raksasa berkulit hijau yang memiliki kekuatan dan kekebalan luar biasa. Di sepakbola, ada pula Hulk lain. Ya, ada seorang stiker FC Porto yang berjuluk Hulk. Pemain berusia 24 tahun ini tengah dibidik oleh klub-klub Eropa untuk diminta servisnya sebagai penjebol gawang lawan.

Hulk yang bernama asli Givanildo Vieira de Souza adalah produk tanah Samba. Perjalanan hidupnya mengingatkan kita pada Amoroso, striker Brazil pada Copa America 1999. Amoroso yang menjadi top skorer Liga Italia musim 1998/1999 bersama Udinese, pernah bermain di Liga Jepang yang tentu dianggap “antah-berantah” dibanding Liga Eropa.

Hulk pun demikian. Ia pernah memperkuat Kawasaki Frontale, Consadole Sapporo, dan Tokyo Verdy. Bahkan, ketika bermain di Tokyo Verdy, klub tersebut berada di Divisi Dua. Bermain di liga kecil, Hulk tampil sensasional. Total di Jepang ia mencetak 74 gol dari 113 penampilan.

Porto, klub Portugal, membidiknya pada 2008. Tidak butuh waktu lama, Hulk langsung menjadi pemain reguler untuk klub yang bermarkas di Estádio do Dragão ini. Bahkan di musim pertamanya, Hulk langsung dinobatkan UEFA  sebagai salah satu dari 10 Top Rising Star musim itu.

Di Porto, Hulk mengantar klub ini menjuarai berbagai gelar domestik. Yang paling sensasional tentu tahun ini, ketika Porto memborong semua kejuaraan yang mereka ikuti. Kontribusi Hulk semakin sahih karena ia tercatat sebagai top skorer Liga Portugal musim ini.

Reaksi klub-klub Eropa jelas cepat. AC Milan dan Manchester City terang-terangan mengaku berminat untuk memboyong pemain bertubuh gempal itu.

Hulk sendiri menyiratkan bahwa ia hanya akan pindah ke klub yang lebih besar daripada Porto. Dua klub tadi jelas telah memenuhi syarat pertama. Dengan dana besar dan kesempatan bermain di dua liga terbaik dunia (Serie A dan Premier League), mana yang dipilih Hulk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda