Scroll to Top

Anak Remaja Akan Lakukan Apa Saja Demi Penampilan

By Ika / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

Anak RemajaSiapa yang tak ingin memiliki bentuk tubuh ideal? Baik pria maupun wanita tentu ingin memiliki tubuh sempurna yang bisa menunjang penampilan mereka, terutama para remaja yang menganggap penampilan adalah hal yang sangat penting dalam pergaulan. Tapi apakah semua remaja seperti itu?

Sebuah studi ilmiah telah dilakukan berkaitan dengan hal ini. Peneliti mencoba melakukan survey terhadap 180 remaja (laki-laki dan perempuan) berusia antara 11- 16 tahun.

Dari survey ini diketahui bahwa setengah dari remaja perempuan dan sepertiga dari remaja laki-laki mengakui bahwa mereka suka membandingkan tubuh mereka dengan orang-orang yang kerap muncul di televisi, misalnya saja selebriti. Karena perilaku inilah mereka pun berusaha mendapatkan tubuh ideal seperti apa yang sering mereka lihat di TV. Ironisnya, seperempat dari partisipan survey mengaku bahwa mereka rela dan bersedia melakukan operasi plastik demi meniru orang yang mereka kagumi di televisi.

“Anak muda tampaknya merasa tidak aman dengan penampilan dan body image. Ada sebuah tren yang berkembang tentang bagaimana cara mengubah bentuk tubuh dengan cepat, di mana hal ini membahayakan kesehatan dan sering tidak memuaskan,” kata seorang peneliti, Rosi Prescott, seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Dari hasil survey tersebut juga diketahu bahwa 1 dari 10 anak laki-laki memilih mengkonsumsi steroid untuk mendapatkan tubuh berotot. Sedangkan 1 dari 8 remaja perempuan memilih untuk mengkonsumsi pil diet atau pil pencahar agar bisa mendapatkan tubuh langsing dan ideal.

Menurut peneliti, banyaknya remaja yang berlomba-lomba untuk memperoleh tubuh ideal ini disebabkan karena mereka terlanjur percaya bahwa penampilan yang sempurna akan membuat mereka lebih mudah diterima di pergaulan. Jadi sekalipun mereka tidak ingin melakukan hal-hal ekstrim seperti menenggak pil diet, operasi plastik, atau bahkan berhenti makan sekalipun (anoreksia), mereka tetap saja menjalaninya demi tubuh ideal yang mereka inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda