Scroll to Top

Tak Perlu Kunci, Mesin Mobil Akan Menyala Dengan Siri

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

siri-mobilJika dahulu sesuatu yang berbau futuristik hanya bisa disaksikan di film televisi, sekarang tidak perlu menunggu lagi. Perkembangan dunia teknologi semakin canggih. Tanpa membutuhkan waktu lama, inovasi terbaru bermunculan dari hasil riset para ahli. Satu riset yang terbaru adalah tidak perlu menyalakan mobil menggunakan kunci. Cukup dengan Siri.

Seperti diketahui, Siri merupakan aplikasi suara yang dibuat untuk perintah membuka program pada gadget. Aplikasi Siri kini dikembangkan untuk membuka pintu mobil, bahkan untuk menyalakan dan menghentikan mesin tanpa bersusah payah menggunakan kunci.

Adalah insinyur dan pecinta teknologi  asal Inggris, Brandon Fiquett, yang mengembangkan inovasi Siri itu. Ia menggunakan program Viper SmartStart pada iPhone, yang terhubungkan dengan mesin mobil yang terprogram komputer menggunakan perintah suara.

“Perintah dikirim dari Siri ke server Viper dan diteruskan melalui koneksi seluler ke mobil. Kemudian, mobil akan mengupdate perintah melalui program pada remote kontrol,” katanya.

Program Siri itu dibuat dengan plugin yang terdapat pada plamoni Siri proxy, yakni sebuah server proxy untuk asisten Siri proxy. Ketersediaan proxy server ini memungkinkan untuk menciptakan plugin kustom yang dapat diprogram.

Siri proxy plugin yang ditulis Fiquett, berinteraksi dengan script php yang tertera pada server web miliknya. Naskah php itu dikembangkannya sendiri sejak bulan lalu, untuk penggunaan pribadi. Naskah php tersebut memungkinkan instruktur scuba penyuka kopi itu mengirimkan perintah ke mobil yang telah diinstal modul Viper SmartStart.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda