Scroll to Top

E-Therapy, Efektifkah Bagi Pasien?

By Ika / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

e-therapyDi zaman serba teknologi seperti sekarang, tampaknya dunia internet sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Mereka bisa melakukan apa saja di dunia maya, mulai dari belanja online, download lagu atau film, mencari informasi dan berita, maupun bergaul lewat jejaring sosial. Bahkan saat ini telah ada terapi lewat dunia maya yang juga sering disebut sebagai e-therapy.

Di Amerika Serikat, e-therapy sudah bukan hal asing dan banyak digunakan. Anda tinggal menyalakan komputer, mengaktifkan Skype, dan Anda mulai bisa bertemu terapis lewat dunia virtual tersebut. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan e-therapy menggunakan email untuk bisa berkonsultasi langsung dengan terapis Anda.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, dibandingkan dengan terapi langsung (tatap muka), apakah e-therapy semacam ini cukup efektif bagi pasien atau orang-orang yang membutuhkan?

Menurut Dr.Kate Anthony yang juga merupakan terapis online, tidak ada hal penting yang terlewatkan walau pasien menggunakan e-therapy. Terapi dengan memanfaatkan teknologi dinilai sama-sama bermanfaat seperti terapi langsung. Bahkan e-therapy diklaim memiliki manfaat lain, yaitu hasil terapi bisa diketahui lebih cepat.

“Anda biasanya perlu sekitar 12 sesi pertemuan untuk terapi face-to-face dalam menangani sebuah masalah. Tapi dengan terapi virtual, Anda mungkin hanya perlu 5 sesi menggunakan email,” kata Dr. Anthony seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Walau diklaim sama bergunanya bahkan memiliki kelebihan, tidak semua terapis mendukung adanya e-therapy. Contohnya saja pendapat dari terapis bernama Anouchka Grose. Ia mengatakan bahwa terapi adalah suatu media atau alat untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata, karena itu dibutuhkan penanganan dan sesi pertemuan yang nyata pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda