Scroll to Top

Robojelly Si Robot Ubur-Ubur

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

robot-jellySaat bermain di pantai, Anda pasti pernah melihat ubur-ubur. Hewan air yang transparan dan memiliki sengatan beracun ini biasanya mengambang di permukaan air. Namun, bila Anda melihat lagi setahun atau sepuluh tahun mendatang, perhatikan dengan lebih teliti. Siapa tahu hewan yang Anda lihat itu adalah ‘mesin jelmaan’ yang menyerupai ubur-ubur bernama Robojelly.

Pengembangan robot ubur-ubur ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2009. Robojelly dibuat oleh Naval Research untuk bertugas sebagai mata-mata di daerah perairan. Terutama untuk memata-matai kapal dan kapal selam, mendeteksi tumpahan minyak atau bahan kimia, dan memantau keberadaan migrasi ikan.

Tugas robot ubur-ubur tersebut bisa diketahui oleh musuh. Karena, robot ini hanya mengambang di air dan tidak bisa bergerak kemana-mana. Gerakan Robojelly yang tidak ‘seluwes’ ubur-ubur kebanyakan, menjadi kelemahan robot ini.

Robojelly yang dibuat oleh Naval Research hanyalah menempatkan kabel kecil yang disebut bio-terinspirasi komposit. Kabel ini merupakan memori yang ketika terkena panas akan berkontraksi seperti otot.

Penelitian lanjutan dilakukan oleh mahasiswa pasca sarjana di Virginia Tech, Alex Villanueva. Ia mengembangkan kecakapan robot ubur-ubur dengan mempelajari gerakan berenangnya. Hasil pengamatannya itu diaplikasikan dengan membuat mekanisme propulsi rekayasa robot untuk lebih realistis meniru gerak ubur-ubur.

 “Saat diujicoba, Robojelly berenang dengan sangat baik. Sehingga alat biologi ini tampak alami saat berada dekat ikan-ikan,”  ujar Alex, yang mempresentasikan karyanya di pertemuan American Physical Society’s Division of Fluid Dynamics di Boston, 22 November lalu.

Alex saat ini sedang melakukan penelitian hidrodinamika robot, agar Robojelly dapat tampak berenang lebih natural dan berfungsi seperti ikan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda