Scroll to Top

Persib Di Atas Barcelona dan Real Madrid dalam 10 Klub Terfavorit Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

Internet bisa mewujudkan hal-hal yang hanya berada dalam mimpi. Demikian pula berkaitan dengan urusan sepakbola. Baru-baru ini, situs www.the-top-tens.com menggelar voting tentang klub paling diminati di antero dunia.

Persib

Dalam voting yang hingga saat ini masih dibuka ini, bukan Barcelona, Real Madrid, Manchester United, atau Liverpool yang berada di puncak. Melainkan Persib Bandung!

Apa boleh buat. Dengan mengumpulkan vote 25%, Persib seolah tak tersentuh klub-klub raksasa Eropa. Sebagai contoh, Manchester United yang menjuarai Liga Inggris 19 kali. Klub asuhan Alex Ferguson ini hanya menduduki peringkat 4 dengan 8% suara atau hanya 1/3 suara milik Persib.

Barcelona dan Real Madrid bahkan berada dalam posisi lebih parah daripada Manchester United. Barcelona mengoleksi 3 gelar juara liga dalam 3 musim bersama Pep Guardiola. Mereka juga mendapatkan juara Liga Champions 2 kali dalam 3 tahun terakhir. Namun, dalam voting ini, Barcelona cuma mendapatkan 7% suara. Jauh dari bayangan.

Real Madrid memiliki Cristiano Ronaldo yang bisa mencetak gol dari semua posisi. Ada pula Angel Di Maria yang umpan-umpan panjangnya menyenangkan tiga penyerang Los Blancos. Belum lagi segudang prestasi, 31 juara liga dan 9 kali merengkuh trofi Liga Champions. Lagi-lagi, seperti sang seteru abadi, Madrid cuma berada di posisi enam dengan 4% suara.

Bayern Muenchen ada di posisi 19 dengan 0,5% suara. Sementara, di bawah Muenchen ada Internazionale dengan persentase suara yang sama.

Ketika klub-klub besar Eropa begitu kesusahan meraih 10% suara, peringkat kedua dan ketiga juga diduduki oleh klub yang kurang terkenal. Meskipun, jelas di atas Persib Bandung. Mereka adalah Galatasaray (18%) dan Fenerbahce (13%).

Hasil voting memang cukup menggelikan bagi penggemar klub dunia. Bahkan, seorang penggemar Barcelona mencantumkan kalimat, “(Barcelona) inilah klub terbaik dunia. Berat saya katakan bahwa ini untuk pertama kalinya saya mendengar klub bernama Persib Bandung.”

Selain Persib, nama-nama klub Indonesia yang berada di daftar 100 besar versi the top tens adalah Persebaya (peringkat 8 dengan 3% suara), Arema Indonesia (peringkat 13 dengan 1% suara), Persija (peringkat 17 dengan 0,5% suara), Persipura (peringkat 40 dengan 0,1% suara).
Daftar 10 besar versi the-top-tens.com adalah berikut.

  1. Persib Bandung (Indonesia) (25%)
  2. Galatasaray (Turki) (18%)
  3. Fenerbahçe (Turki) (13%)
  4. Manchester United (Inggris) (8%)
  5. Barcelona (Spanyol) (7%)
  6. Real Madrid (Spanyol) (4%)
  7. Liverpool (Inggris) (3%)
  8. Persebaya Surabaya (Indonesia) (3%)
  9. Arsenal (Inggris) (2%)
  10. Chelsea (Inggris) (2%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda