Scroll to Top

Intel Compute Stick dengan OS Ubuntu Linux Mulai Dijual, Ini Harganya

By Ditya / Published on Monday, 27 Jul 2015
Intel Compute Stick
Intel Compute Stick

Komputer mini Intel Compute Stick varian dengan sistem operasi Ubuntu Linux akhirnya masuk pasar dan dapat dipesan disejumlah toko online terkemuka. Saat ini Compute Stick versi Ubuntu ini dijual di pasar Amerika Serikat melalui toko online BestBuy, Micro Center, dan Newegg dengan harga yang terjangkau, yakni $100 atau sekitar Rp 1,3 juta-an.

Intel sebelumnya pernah mengumumkan bahwa komputer mini Compute Stick yang berukuran sebesar USB flash drive ini akan masuk pasar Indonesia. Namun, sampai saat ini komputer mini tersebut belum terlihat di pasar tanah air.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh komputer mini Compute Stick ini tak bisa dipandang sebelah mata. Compute Stick ditenagai prosesor Intel Atom Z3735F quad-core generasi Bay Trail berkecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz yang didukung oleh 2MB cache, memori RAM 2GB DDR3 dan diperkuat oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, kinerja yang ditawarkan oleh Compute Stick tak jauh berbeda dengan sebuah tablet Windows masa kini. Compute Stick ini cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari, sepertu browsing, chatting, membuat dan mengedit dokumen office, dan sebagainya.

Tak hanya itu, Intel menghadirkan Compute Stick dengan dukungan memori internal berkapasitas 8GB untuk varian Ubuntu dan 32GB untuk varian Windows. Keduanya didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Konektivitas Compute Stick mengandalkan WiFi, Bluetooth, dan dua port microUSB. Juga tersedia port USB untuk menghubungkan Compute Stick dengan mouse, keyboard atau perangkat lainnya.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (26/07/2015), komputer mini Intel Compute Stick tersedia dalam dua varian, yakni Ubuntu dan Windows. Versi Windows lebih dulu masuk pasar dengan harga yang lebih mahal, yakni $150 atau sekitar Rp 2 juta-an.

Komentar Anda