Scroll to Top

Twitter Hapus Tweet Jiplakan, Lindungi Hak Cipta

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 28 Jul 2015

Twitter

Twitter menghapus sederet tweet yang dituding melanggar hak cipta. Kicauan yang dimaksud berkategori jiplakan atau “kloning” tweet asli. Kasus ini terjadi di Los Angeles, Amerika Serikat dengan korban Olga Lexell seorang penulis lepas.

“Saw someone spill their high end juice cleanse all over the sidewalk and now I know god is on my side,” kicauan asli korban yang dijiplak.

Lima akun Twitter menerbitkan kicauan yang sama seperti apa yang di-tweet oleh Lexell. Kicauan tersebut sedianya adalah lelucon dan menurut kabar yang ada korban memang mengajukan permohonan untuk menghapus tweet jiplakan yang dia anggap merugikan.

Dalam pernyataannya, Lexell berujar, profesinya sebagai penulis lepas, ia memanfaatkan Twitter untuk menguji lelucon. Apa yang ia tulis semestinya tidak untuk diposting kembali dengan alasan apapun. Lexell beranggapan jika leluconnya adalah milik intelektual.

Terlebih, kicauan jiplakan itu tidak mencantumkan Lexell sebagai sumber. Gayung pun bersambut, selepas dia mengajukan permohonan ke Twitter, beberapa tweet yang diperkarakan telah dihapus oleh Twitter dan mikroblog itu tidak mengajukan pertanyaan lebih lanjut.

Twitter memiliki layanan pelanggaran hak cipta di bawah Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Mereka yang berkeberatan jika menemukan karya dijiplak orang lain tanpa izin bisa mengajukan permohonan. Korban bisa mengisi formulir web Twitter untuk melayangkan keluhan itu.

Komentar Anda