Scroll to Top

Foxglove, Bunga Beracun Yang Mampu Lawan Kanker Payudara

By Ika / Published on Tuesday, 29 Nov 2011

FoxgloveKanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang ditakuti oleh kaum hawa. Terlambat sedikit saja untuk mendeteksi penyakit ini, maka kanker payudara bisa saja merenggut nyawa.

Sudah lama para ilmuwan berusaha mencari obat untuk menyembuhkan kanker payudara, misalnya dengan meneliti herbal atau tanaman yang dipercaya memiliki zat kimia pembunuh kanker. Salah satu tanaman yang kali ini diteliti adalah bunga foxglove, di mana bunga ini sebenarnya termasuk bunga beracun.

Menurut para peneliti dari Universitas John Hopkins di Baltimore, foxglove memiliki suatu zat kimia yang diklaim mampu memperlambat migrasi sel kanker payudara. Zat ini juga menghambat produksi protein HIF-1, di mana protein ini sendiri terlibat dalam penyebaran sel kanker payudara.

Zat kimia dalam bunga foxglove ini sendiri merupakan bahan dasar dari digoxin, obat yang diproduksi oleh perusahaan obat bernama GlaxoSmithKline. Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, digoxin ini sendiri sebenarnya sudah cukup lama digunakan dalam pengobatan gagal jantung dan mengatasi detak jantung yang tak teratur. Namun kali ini para ahli medis menyarankan digoxin untuk melawan kanker. Awal tahun ini saja para dokter mengungkapkan bahwa digoxin juga dapat digunakan untuk memperlambat penyebaran kanker prostat hingga 24%.

Walau memiliki manfaat besar, para ahli mengingatkan bahwa penelitian ini belum sepenuhnya selesai, apalagi terdapat kemungkinan adanya efek samping dari penggunaan zat bunga foxglove ini. Efek samping itu bisa berupa perut mual, sakit kepala, maupun pembesaran payudara bila zat ini digunakan oleh pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda