Scroll to Top

Iwan Fals Pede Tampil di Depan SBY

By Aditya / Published on Wednesday, 30 Nov 2011

Di era Orde Baru, Iwan Fals adalah musisi yang paling diwaspadai oleh penguasa. Lagu-lagunya yang lugas dan bernada kritik sosial membuat pergerakan musisi bernama asli Virgiawan Listanto ini terbatasi.

Saat itu, Iwan Fals kerap memperoleh izin konser dengan alasan demi terjaganya stabilitas nasional. Kini, masa telah berganti. Nama Iwan Fals pun mulai menjadi legenda.

Nah, pada perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia yang dipusatkan di Bukit Merah Putih, Sentul, Jawa Barat, Senin (28/11), Iwan Fals diundang sebagai pengisi acara. Pada kesempatan ini, ia tampil di hadapan orang nomor satu di Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sang Presiden tidak datang sendiri. Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu pun turut serta dalam rombongan kenegaraan itu.

“Selamat pagi, Pak Presiden,” sapa Iwan Fals dari atas pentas sebelum memulai aksinya.

Kali ini, Iwan Fals membawakan dua lagu bertema lingkungan, yakni ”Hutan untuk Kehidupan” serta ”Tanam-tanam dan Siram”. Melalui dua lagu yang sarat pesan moral itu, Iwan Fals mengajak hadirin dan semua rakyat Indonesia untuk menanam pohon dan menjaga kelestarian alam.

Tidak lupa, Iwan Fals juga menyampaikan pesan dari warga Mentawai yang sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah. Iwan Fals memang baru saja tampil di Mentawai, daerah yang kerap dilanda bencana alam itu.

Bisa jadi suasana akan menjadi lebih seru jika Iwan Fals menyanyikan”Bento”, ”Bongkar”, ”Surat Buat Wakil Rakyat”, ”Tikus-tikus Kantor”, dan lagu-lagu bernuansa kritik lainnya. Namun, moment-nya kurang tepat karena tema acara hari itu adalah tentang pelestarian alam.

Namun bagaimanapun juga, Iwan Fals tetaplah Iwan Fals. Sosok musisi yang senantiasa gerah selama ketidakadilan masih ada di bumi Indonesia, meskipun cara berjuang tidak harus selalu dilakukan dengan melawan secara frontal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda