Scroll to Top

Didemo Suporter, Sriwijaya FC Memilih Liga Super Indonesia

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 30 Nov 2011

Hari ini, Liga Prima Indonesia merilis pernyataan bahwa LPI hanya diikuti 13 klub. Mereka adalah ersiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persiba Bantul, Persijap Jepara, Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Arema Malang, Bontang FC, PSM Makassar, dan Persebaya Surabaya.

Sriwijaya FC

Namun, hari ini pula Sriwijaya FC mengeluarkan “bantahan”. Laskar Wong Kito tak jadi berlaga di kompetisi resmi versi PSSI. Mereka memilih untuk bergabung dengan tim-tim besar lain dalam Indonesian Super League.

Keputusan petinggi klub SFC memang cukup kontroversial. Maklum, beberapa hari belakangan, mereka mendapatkan tekanan justru dari dalam. Orang nomor satu di Sumatera Selatan, Alex Noordin sempat meminta Sriwijaya FC berlaga di kompetisi resmi pada Senin, 28 November 2011 lalu. Banyak orang yang menerjemahkan bahwa inilah pesan untuk masuk ke IPL.

Para petinggi SFC bergerak cepat untuk menjawab isu ini. Mereka bertemu dengan sang gubernur untuk menjelaskan keadaan. Sementara itu SFC Mania tak tinggal diam.

Pagi tadi, sejak pukul 10.00 WIB, SFC Mania melakukan demonstrasi damai untuk meminta kejelasan sikap Laskar Wong Kito. Detik-detik pun berlangsung menegangkan.

Sempat menunggu satu jam, Sriwijaya FC akhirnya mengambil keputusan. Sebuah faksimile meluncur dengan isi bahwa ISL dilegalkan statusnya oleh BOPI.

SFCManiaBerita ini melegakan Laskar Wong Kito. Maklum, sebelumnya Indonesian Super League dianggap sebagai liga liar oleh PSSI dan klub pesertanya terancam sanksi. Dengan pernyataan BOPI mengakui ISL, setidaknya klub bisa berkonsentrasi penuh ke kompetisi.

Namun, konsentrasi ini sifatnya sementara. BOPI sendiri seolah terpecah dua.

PSSI mengklaim, ketua umum BOPI merilis surat no 100/BOPI/XI/2011 dan SK 019/BOPI/XI/2011 bahwa penyelenggara liga profesional di bawah PSSI hanya PT Liga Prima Indonesia Sportindo.

Sementara, Ketua Harian BOPI, Haryo Yuniarto menyebutkan BOPI sudah menerima permohonan izin dari PT LI untuk penyelenggaraan ISL.

Akhirnya, seluruh komponen di Indonesia terlibat dalam bentrok LPI vs ISL. Bahkan, kepolisian pun seolah memiliki dua pandangan. Polri hanya akan mengeluarkan izin kepada liga resmi. Sementara, di tingkat daerah, izin menggelar laga sepertinya akan diberikan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda