Scroll to Top

Facebook Berencana Tawarkan Saham Perdana

By Aulia / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Tahun 2011 akan segera berakhir, pihak Facebook sedang mempersiapkan kejutan baru untuk publik. Jika selama ini sering diramaikan oleh fitur dan berbagai aplikasi, namun menyambut tahun 2012 nanti Facebook berencana untuk melakukan penawaran perdana saham (IPO) sebesar 10%.

facebook-ipo

Hal ini diperkuat setelah adanya berita seperti yang dilansir oleh Wall Street Journal, yang menyatakan bahwa April – Juni 2012 Facebook akan melepaskan 10% saham perdana ke publik.

Initial Public Offering (IPO) ini diharapkan mampu memperkuat Facebook dalam hal finasial khususnya bagi perusahaan untuk mencapai suntikan dana sampai US$10 milyar.

Diprediksikan bila penawaran perdana ini berhasil maka akan membuat perusahan Mark Zuckerberg cs tersebut akan menjadi salah satu perusahaan yang memiliki nilai (valuation) senilai US$100 milyar.

Sampai saat ini, beberapa perusahaan besar di Amerika, seperti Apple Inc., mempunyai nilai saham terbesar mencapai US$362 milyar mengalahkan CISCO (US$96 milyar) dan Hewlett-Packard (HP) yang bernilai US$52 milyar.

Sementara itu, perusahaan jejaring sosial terbesar Facebook memang tidak mempunyai pilihan dalam mendapatkan dana selain lewat IPO. Walaupun selama ini laporan keuangan Facebook yang diliris tanpa adanya IPO, namun anggota dewan direksi dan executive internal menyadari bahwa perusahaan akan mengalami kerugian ke depan, dan salah satunya cara adalah dengan mendapatkan suntikan dana dari hasil penawaran saham untuk publik.

Jadi, kita tunggu saja aksi Facebook untuk publik dalam penawaran perdana dan ini akan mengukuhkan persaingan dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda