Scroll to Top

Pemilik Golongan Darah AB Lebih Berisiko Kena Stroke

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Perbedaan golongan darah tiap orang ternyata punya konsekuensi sendiri terhadap potensi terjadinya stroke. Selama ini golongan darah dikenal ada tipe A, B, AB, dan O. Dan, golongan AB dan B yang punya kecenderungan punya potensi itu.

golongan darah

Pemilik golongan darah AB punya potensi terkena stroke 26 persen lebih tinggi dari tipe O, baik pria maupun wanita. Sedangkan, wanita dengan golongan darah B potensinya 15 persen lebih tinggi dari golongan darah O.  Demikian menurut penelitian Dr. Lu Qi seperti dilansir BBC.

Golongan darah ditetapkan berdasarkan pada lapisan atas sel darah merah yang berupa sebuah protein. Setiap golongan darah punya karakteristik tertentu. Misalnya, mudah mengumpul bersama sel darah merah lainnya dan memungkinkan terjadinya pembekuan darah. Pembekuan darah inilah yang menjadi awal munculnya serangan stroke. Dan, fenomena ini tidak bisa diatur oleh pemiliknya.

“Kami tidak tahu apakah ini karena golongan darah atau gen lain yang menyebabkan risiko itu. Ada hal lain yang lebih berperan sepertinya,” kata direktur pusat stroke Universitas Duke, AS, Dr. Larry Goldstein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda