Scroll to Top

Video Game Penuh Kekerasan Bisa Pengaruhi Otak

By Ika / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Di zaman modern seperti ini, permaian yang paling diminati oleh anak-anak adalah video game. Walau ada beberapa game yang bisa mengasah otak, namun tampaknya banyak pula video game yang menampilkan kekerasan, di mana hal tersebut tentu tidak baik bagi anak-anak.

shoot 'em up

Game-game seperti Assassin’s Creed atau Call of Duty yang banyak menampilkan kekerasan fisik, dinilai bisa membahayakan anak-anak. Video game seperti ini diklaim dapat menimbulkan pengaruh buruk bagi otak. Untuk masalah dampak negatif otak, hal ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak saja, tapi juga bagi orang dewasa yang gemar memainkan video game tersebut.

Sebelumnya telah ada penelitian yang menyatakan bahwa kecanduan game bisa merusak otak (baca beritanya di sini). Kali ini ilmuwan mengadakan penelitian lain yang mengaitkan hubungan antara otak dengan video game yang penuh kekerasan.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, studi ilmiah ini dilakukan dengan melibatkan 22 pria dewasa. Para partisipan ini lalu dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama bermain video game Shoot ‘Em Up selama sekitar 10 jam dalam satu minggu, sedangkan kelompok kedua tidak memainkan video game apapun.

Setelah satu minggu, otak dari para partisipan ini diteliti menggunakan scan MRI (Magnetic Resonance Imaging), serta tes psikologis verbal dan tes menghitung. Hasilnya, mereka yang rutin bermain video game ternyata mengalami penurunan aktivitas di bagian otak tertentu, khususnya pada bagian otak yang mengontrol emosi dan perilaku agresif.

Walau begitu hasil studi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, apalagi para ilmuwan belum benar-benar bisa membuktikan bahwa kecanduan video game yang penuh kekerasan tersebut dapat mengubah perilaku seseorang. Namun satu hal yang pasti, video game yang menampilkan kekerasan fisik memang memiliki pengaruh tersendiri pada otak manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda