Scroll to Top

Anak Laki-Laki Autis Punya Otak Lebih Besar

By Ika / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Autisme adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami gangguan perkembangan yang membuat dirinya sulit untuk bersosialisasi maupun berkomunikasi.

anak autis

Sebuah studi ilmiah berkaitan dengan autisme telah dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California. Mereka mengklaim bahwa anak laki-laki dengan tipe autis tertentu memiliki volume otak yang lebih besar daripada anak-anak yang tidak mengidap autisme.

Studi ilmiah ini dilakukan dengan cara meneliti 180 otak anak laki-laki berusia antara 2-4 tahun dengan bantuan scan MRI (Magnetic Resonance Imaging). 61 anak dari mereka diketahui mengalami autisme regresif, yaitu tipe autis yang akan terlihat ketika mereka sudah berusia 18-24 bulan dan mempengaruhi kemampuan berbahasa dan sosialisasi.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa anak laki-laki yang mengalami autisme regresif memiliki volume otak 6% lebih besar daripada anak laki-laki lain yang tidak mengalami autisme. Sedangkan anak laki-laki dengan autisme onset memiliki volume otak yang hampir sama dengan mereka yang tidak autis.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, adanya perbedaan volume otak antara penderita autisme dan non-autis hanya terdapat pada anak laki-laki saja. Untuk anak perempuan yang mengalami autisme, khususnya autisme regresif, volume otaknya tetap sama dengan anak lainnya yang tidak autis.

Penemuan yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences Early Edition ini diharapkan dapat membantu dalam pengembangan pengobatan bagi anak-anak yang mengidap autisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda