Scroll to Top

Awal Tahun 2012: Tujuh Laga Berturut-Turut Real Madrid Bermain di “Kandang”

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Real Madrid (2)

Agak unik memang. Namun, demikianlah kenyataannya. Sejak 22 Januari hingga 3 Maret 2012 mendatang, Real Madrid akan memainkan tujuh laga di “kandang” sendiri secara berturut-turut.

Bukan berarti LFP sebagai badan pengatur Liga Spanyol tengah meniru “strategi aneh” PT LPIS dalam membuat jadwal Liga Prima Indonesia. Yang dimaksud “kandang” di sini bukan Stadion Santiago Bernabeu. Melainkan, kota Madrid.

Ya, selama 1,5 bulan pasukan Jose Mourinho akan berkutat di kota sendiri. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya bus ke luar kota —yang jelas bukan masalah untuk klub terkaya dunia ini—. Mourinho pun tidak perlu panik jika pemainnya mengaku kelelahan setelah perjalanan panjang.

Jadwal antik ini dimulai pada 22 Januari 2012. Kala itu, Real Madrid akan menjamu Athletic Bilbao dalam pekan ke-19 La Liga.

Sebenarnya, laga ini dijadwalkan digelar pada 21 Agustus lalu. Namun, mengingat saat itu terjadi konflik klub dan asosiasi pemain berkaitan dengan gaji, seluruh pertandingan pekan pertama La Liga diundur.

Setelah menghadapi pasukan Basque di kandang sendiri, seminggu kemudian Los Blancos menghadapi Real Zaragoza. Lagi-lagi di Santiago Bernabeu.

Pada 5 Febuari 2012, Madrid akan berlaga tandang. Namun, lawan yang mereka hadapi bukanlah klub yang jauh. Musuh Los Merengues saat itu adalah Getafe, klub kaya baru yang markasnya di distrik Getafe, kota Madrid. Artinya, Mourinho masih merasa nyaman, seperti di rumah sendiri.

Lepas dari Getafe, Madrid akan berhadapan dengan dua lawan di Santiago Bernabeu. Mereka adalah tim kejutan Levante dan juru kunci Racing Santander.

Pada 26 Februari 2012, lagi-lagi Madrid berlaga tandang. Lagi-lagi pula, partai tandang ini cuma ditempuh 5 kilometer. Lawan mereka adalah Rayo Vallecano, tuan rumah yang sedang kebingungan karena utang yang belum kunjung mengecil.

Tujuh laga “kandang” Real Madrid ditutup saat mereka menjamu Espanyol pada 4 Maret 2012. Seminggu kemudian, mereka akan bertandang ke kandang Real Betis di Sevilla, Andalusia. Artinya, inilah laga “tandang” atau keluar kota pertama Los Blancos selama 1,5 bulan.

Tanggal Laga Kota
21 Januari 2012 Real Madrid vs Athletic Bilbao Madrid
28/29 Januari 2012 Real Madrid vs Real Zaragoza Madrid
4/5 Februari 2012 Getafe vs Real Madrid Distrik Getafe, Madrid
11/12 Februari 2012 Real Madrid vs Levante Madrid
18/19 Februari 2012 Real Madrid vs Racing Santander Madrid
25/26 Februari 2012 Rayo Vallecano vs Real Madrid Distrik Vallecas, Madrid
3/4 Maret 2012 Real Madrid vs Espanyol Madrid

Sebagai catatan, tujuh laga “kandang” ini hanya berlaku untuk La Liga.

Untuk keseluruhan, Real Madrid akan tetap “ternoda” oleh laga tandang. Mengingat, jadwal first leg 16 besar Liga Champions adalah sekitar tanggal 15 Februari 2012.

Dilihat dari status Real Madrid yang juara Grup D, dipastikan mereka akan lebih dahulu mendatangi runner-up grup lain sebelum tampil di leg kedua. Jadwal leg kedua Liga Champions sendiri terjadi pada 27 dan 28 Maret 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda