Scroll to Top

Menanti Kejutan Drawing Euro 2012

By Wan Faizal / Published on Thursday, 01 Dec 2011

Para pecinta sepakbola, bahkan juga para pemain yang terlibat di Euro 2012, mungkin saat ini sedang resah menanti hasil pengundian grup Euro 2012 yang akan digelar di Kyiv (Ukraina) pada hari Jumat (2/12) pukul 19.00 waktu setempat.

Bisa dimaklumi mengingat hasil dari pengundian inilah yang nantinya berkontribusi atas pencapaian mereka di Polandia-Ukraina. Berada satu grup dengan negara-negara kuat tentu akan mengecilkan langkah ke babak selanjutnya. Sebaliknya jika berada satu grup dengan negara yang lebih lemah.

Setelah menyelesaikan babak play-off beberapa pekan lalu, UEFA telah mengumumkan negara-negara mana saja yang berada di unggulan pertama, kedua, ketiga, dan keempat berdasarkan koefisien nilai mereka. Berikut adalah pembagian unggulan peserta Euro 2012:

Pot 1: Ukraina (28,029 / 15), Polandia (23,806 / 28), Spanyol (43,116 / 1), Belanda (40,860 / 2)

Pot 2: Jerman (40,446 / 3), Italia (34,357 / 4), Inggris (33,563 / 5), Rusia (33,212 / 6)

Pot 3: Kroasia (33,033 / 7), Yunani (32,455 / 8), Portugal (31,717 / 9), Swedia (31,675 / 10)

Pot 4: Denmark (31,205 / 11), Prancis (30,508 / 12), Rep. Ceko (29,602 / 13), Rep. Irlandia (28,576 / 14)

Spanyol dan Belanda memang pantas menemani Polandia dan Ukraina yang menjadi tuan rumah berada di pot 1. Keduanya adalah finalis Piala Dunia 2010, juga memiliki nilai koefisien dan peringkat yang lebih baik dari negara-negara peserta lainnya. Selain itu, mereka juga tetap tampil meyakinkan selama babak kualifikasi.

Sementara itu, Prancis harus puas menjadi unggulan terakhir bersama Denmark, Rep. Ceko, dan Rep. Irlandia karena prestasi mereka yang merosot beberapa tahun ini. Bahkan di Piala Dunia 2010 silam, mereka tak mampu lolos dari penyisihan grup.

Kemungkinan Hasil Pengundian

Dalam setiap grup hasil pengundian nantinya, akan diisi masing-masing oleh satu negara dari setiap pot. Artinya, Jerman, Italia, Inggris, dan Rusia tidak akan berada dalam satu grup nantinya.

Menarik untuk dinanti, bagaimana jika nantinya Spanyol, Italia, Portugal, dan Prancis berada dalam satu grup? Atau satu grup hanya diisi negara-negara kelas dua seperti Polandia, Rusia, Swedia, dan Rep. Irlandia?

Dan bagaimana bila nantinya satu grup diisi oleh empat finalis gelaran Euro sejak tahun 2000 yang mungkin bisa menempatkan Prancis (2000), Italia (2000), Portugal/Yunani (2004), dan Spanyol (2008)? Menarik bukan?

Banyak kemungkinan yang terjadi memang. Karena dalam pengundian seperti ini, faktor keberuntungan lebih berperan. Lihat saja bagaimana apesnya Belanda, Italia, dan Prancis berada dalam satu grup di Euro 2008 silam. Dan bagaimana beruntungnya Spanyol hanya satu grup dengan Rusia, Swedia, dan Yunani di tahun yang sama.

 Aroma Balas Dendam

Hasil pengundian nanti, memungkinkan dua negara yang pernah bertemu, bisa bertemu kembali dan melahirkan aroma dendam diantara keduanya terkait hasil pertandingan yang lalu. Berikut adalah dua kemungkinan yang bisa melahirkan aroma dendam diantara dua negara:

–          Spanyol (Pot 1) vs Jerman (Pot 2)

Jerman tentu masih belum lupa bagaimana gol semata wayang Fernando Torres di Ernst Happel Stadium empat tahun silam memupus harapan mereka untuk menjadi yang terbaik di Eropa.

Atau yang lebih anyar ketika gol tunggal Carles Puyol kembali membuat Jerman tunduk saat keduanya bersua di semifinal Piala Dunia 2010 silam.

Aroma dendam dipastikan muncul jika keduanya berada dalam satu grup nantinya.

–          Italia (Pot 2) vs Prancis (Pot 4)

Masih ingat drama di final Euro 2000? Saat itu Italia unggul lebih dulu lewat Marco Delvecchio. Namun Sylvain Wiltord membuyarkan mimpi Italia saat ia mencetak gol penyama di detik-detik akhir pertandingan. Disusul dengan golden goal David Trezeguet di masa perpanjangan waktu.

Di Piala Dunia 2006 giliran Prancis yang apes saat harus kalah adu penalti dari Italia di babak final. Juga di babak grup Euro 2008 ketika dua gol Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi membuat mereka kalah 0-2.

Maka, tak salah rasanya jika Prancis berharap satu grup dengan Italia demi menuntaskan dendam mereka.

Memang masih banyak dendam-dendam lain yang mungkin tersaji. Tapi jka dilihat dari nama besar dan gengsi, duel yang melibatkan keempatnya rasanya paling menarik untuk dinanti jika mereka berada dalam satu grup.

Komentar Mereka

Kevin Strootman (Belanda, midfielder)

“Pada kejuaraan seperti ini akan timbul banyak kemungkinan. Dan mungkin itu juga terjadi pada Belanda. Saya belum berpengalaman menghadapi turnamen ini. Mungkin saya akan lebih nervous, tapi menarik untuk mengikuti pengundiannya.”

Aleksei Berezutski (Rusia, defender)

“Saya kira akan baik bagi kami jika berada satu grup dengan Polandia. Karena akan sangat sulit jika satu grup dengan Ukraina, Spanyol, atau Belanda. Setelah itu, semua tidak masalah.”

Ola Toivonen (Swedia, forward)

“Tentu saja Anda ingin menghindari negara kuat di Eropa seperti Spanyol, Belanda, dan Jerman. Tapi itu akan sulit. Jika boleh, saya akan memilih Inggris. Menarik untuk melawan Inggris yang tanpa Wayne Rooney. Jadi, akan lebih baik jika kami bertemu Inggris, lalu Polandia atau Ukraina, dan juga…saya tidak tahu. Tapi bertemu satu dari ketiganya akan baik bagi kami.”

Bafetimbi Gomis (Prancis, forward)

“Mungkin akan lebih baik jika kami berada di grup terbaik, demi mengembalikan martabat sepakbola Prancis. Saya pikir ketika di Piala Dunia 2010, itu bukanlah sepakbola Prancis yang sebenarnya. Sepakbola Prancis adalah tentang semangat, pemain berkualitas, dan banyak hal baik. Jadi itulah yang akan kami tunjukkan nanti.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda