Scroll to Top

Inggris Mengumpulkan Hacker Melalui Social Network

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Friday, 02 Dec 2011

code-hackerBelajar dari kejadian bobolnya data-data rahasia Negara yang terkuak di ranah publik yang dilakukan oleh Wikileaks, membuat Inggris melakukan antisipasi terhadap serangan para hacker.

Langkah yang ditempuh adalah dengan merekrut para ahli teknologi, khususnya di bidang cyber, untuk dijadikan agen mata-mata cyber yang bertugas menjaga pertahanan data Negara dan mengawasi aktivitas para hacker di dunia maya.

Perekrutan agen mata-mata cyber ini dilakukan oleh Badan Agen Intelijen Inggris, GCHQ, melalui kompetisi memecahkan kode rumit berupa angka-angka untuk para pakar hacker muda yang berasal dari negara Ratu Elisabeth itu. Tantangan tersebut bahkan disebarluaskan hingga ke jejaring sosial.

Juru bicara GCHQ menyatakan bahwa kompetisi dimulai sejak 3 November hingga 12 Desember 2011. Pakar cyber yang bisa memecahkan teka-teki kode rumit dari susunan angka-angka tersebut, akan menemukan sebuah kata kunci untuk masuk ke halaman pendaftaran. Selanjutnya, akan diarahkan ke situs perekrutan agen.

Kompetisi ini dilakukan untuk menampung para pakar cyber agar bisa berkerja di tempat yang sesuai dengan keahlian mereka. Juru bicara GCHQ menambahkan bahwa keterampilan yang dimiliki oleh para pakar cyber cocok untuk berkerja di badan intelijen.

Kesempatan itu memberikan kontribusi  yang cukup besar bagi para hacker handal untuk menerapkan keahlian mereka dalam suatu pekerjaan. Kompetisi yang dilakukan oleh GCHQ ini merupakan tindak lanjut atas pernyataan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, yang mempresentasikan respon pemerintah dalam laporan tahunan Komite Keamanan dan Intelijen Inggris pada Oktober lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda