Scroll to Top

Jerman U-21: Juara Bertahan Eropa Yang Gagal

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 17 Jun 2011

European U-21 Football Championship digelar tahun ini. Banyak yang kecewa dengan hasil yang diterima tim Inggris U-21. Mereka hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Spanyol dan 0-0 melawan Ukraina dalam pertandingan selanjutnya. Bahkan Dailymail menulis bahwa para singa muda The Three Lions tidak bisa mengaum. Bisa dikatakan, kompetisi u-21 ini seolah-olah sebagai pemanasan bagi pencinta sepakbola untuk menyaksikan pertarungan tim senior Eropa yang sesungguhnya dalam Euro 2012, setahun lagi di Ukraina dan Polandia.

Sayangnya, European U-21 Football Championship kali ini kurang lengkap. Pasalnya, sang juara bertahan, Jerman U-21 tidak lolos dari babak kualifikasi. Maklum, dibandingkan Euro 2012 yang peserta babak finalnya 16 tim, kejuaraan U-21 ini hanya melibatkan 8 tim.

Jerman U-21 sendiri gagal lolos karena mereka hanya menduduki peringkat tiga di babak kualifikasi Grup 5. Tim Panser Muda kalah dari Republik Ceska dan Islandia yang duduk sebagai juara dan runner-up grup. Padahal, Jerman u-21 dihuni pemain-pemain berkualitas. Sebut saja nama André Schürrle yang kemarin mencetak gol untuk timnas Jerman senior di babak kualifikasi Euro 2012. Ada pula Toni Kroos yang masuk dalam skuad timnas Jerman di Piala Dunia 2010 kemarin. Bisa disebutkan pula Mario Götze yang juga sudah masuk ke timnas senior.

Bahkan, dalam kualifikasi yang dilangsungkan pada 2009 hingga 2010, masih ada nama Thomas Muller, Holger Badstubber, dan Jerome Boateng. Kita jelas mengenal nama-nama ini dalam deretan calon pemain bintang di klub-klub raksasa Eropa.

Sebenarnya pula, dalam babak kualifikasi Grup 5, Jerman U-21 mencetak rekor spektakuler dengan mengandaskan San Marino 11-0 di laga tandang. Ini adalah rekor kemenangan terbesar tim Jerman U-21 sepanjang masa.

Sayang, dengan kapasitas demikian, plus bertambahnya usia para pemain bintang Jerman U-21, tim Panser muda mesti gigit jari. Mereka hanya bisa duduk di depan televisi menyaksikan delapan tim tersisa, termasuk musuh bebuyutan, Inggris, berlaga di Swedia untuk memperebutkan piala yang diselenggarakan dua tahunan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda