Scroll to Top

Kopi Berkafein Tinggi Bisa Membahayakan Kesehatan Janin

By Ika / Published on Saturday, 03 Dec 2011

Sebagai calon ibu, seorang wanita yang hamil sudah sepatutnya memperhatikan asupan gizi yang ia konsumsi demi kesehatan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi kesehatan janin yang ia kandung. Salah satu hal yang harus dihindari oleh wanita hamil adalah meminum kopi, terutama kopi dengan kadar kafein tinggi seperti espresso.

biji kopi

Menurut para ilmuwan dari Universitas Glasgow, seorang wanita hamil yang rutin mengonsumsi kopi berkafein tinggi bisa berakibat fatal bagi kandungannya. Bayi yang ia kandung bisa beresiko lahir prematur, mengalami cacat tubuh, bahkan bisa saja akan terjadi keguguran.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, para ilmuwan mengungkapkan bahwa wanita hamil yang sudah terbiasa meminum kopi dan tidak bisa melepas kebiasaannya tersebut, mereka disarankan agar setidaknya meminum kopi tidak lebih dari 200mg kafein sehari. 200mg kafein diperkirakan sama dengan 4 cangkir kopi berkafein tinggi.

“Dalam kadar yang rendah, seorang wanita hamil mungkin masih aman mengonsumsi 4 cangkir kopi dalam satu hari,” kata seorang peneliti senior bernama Dr.Alan Crozier.

Dr.Alan Crozier juga sempat mengungkapkan bahwa kadar kafein dalam satu cangkir kopi memang bervariasi. Semua itu tergantung dari jenis kopi dan proses pembuatan. Dr.Alan Crozier juga menyarankan agar pedoman kadar kafein yang ada dalam Food Standards Agency lebih diperketat dan terus dipantau untuk menjaga kesehatan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda