Scroll to Top

Hadapi Valencia, Espanyol Perpanjang Rekor Buruk?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Dec 2011

Empat laga terakhir, Espanyol senantiasa gagal menang. Klub yang tengah terjerat utang berlipat-lipat ini akan semakin kehilangan napas karena akhir pekan ini, Valencia yang akan menjadi lawan mereka. Dengan kondisi terkini yang remuk, klub Catalan ini cuma bisa berharap tidak akan dihancurkan dengan skor terlalu besar di Mestalla.

Valencia Espanyol (1)

Penyerang handal. Itulah yang dibutuhkan klub Arthur Irawan ini. Sepanjang perhelatan La Liga musim ini, cuma sekali Espanyol bisa mencetak 2 gol. Hal itu terjadi pada pekan kedua, 11 September lalu. Menghadapi pasukan lokal Basque, Espanyol menang 2-1.

Selebihnya, gol maksimal yang dibuat oleh Periquitos, julukan Espanyol hanyalah sebiji. Termasuk dalam dua laga tandang yang dimenangi mereka. Yaitu, menghadapi Rayo Vallecano (16 Oktober) dan Racing Santander (22 Oktober).

Bandingkan dengan Valencia yang dalam 8 pertandingan terakhir, cuma terjegal oleh Real Madrid. Itupun dengan status pertandingan yang kontroversial. Selebihnya, Kelelawar menang 5 kali dan tertahan 3 kali.

Valencia EspanyolBeruntung, ada yang bisa dimanfaatkan oleh Espanyol. Valencia tercatat lebih sering menang dengan selisih satu gol di Mestalla. Satu-satunya kemenangan kandang dengan margin besar adalah ketika menumpas Getafe 3-1 pada 29 Oktober lalu.

Selebihnya, pasukan Unai Emery berlaga dengan hasil cukup ketat. Termasuk, menghadapi klub paling miskin mencetak gol, Granada 1-0.

Apalagi ada kemungkinan Unai Emery menyimpan tenaga pasukannya ke Liga Champions. Maklum, pertengahan pekan mendatang, Valencia akan berlaga di Stamford Bridge untuk tiket terakhir 16 besar Liga Champions.

Namun, statistik dan konsentrasi bukanlah kata kunci. Apalagi pelatih Espanyol, Mauricio Pochettino, sempat terganggu oleh ulah Romaric. Gelandang Pantai Gading terlambat latihan dan sempat terkena hukuman serius atas ketidakdisiplinannya.

Satu hal yang perlu dipertajam Pochettino adalah lini depannya. Tidak salah jika ia akan memasukkan Bakari, penyerang Espanyol B.

Catatan terakhir, musim lalu Para Kelelawar membekap Beburung Parkit dengan skor 2-1 di Mestalla. Gol terakhir diciptakan oleh Juan Manuel Mata di menit 90 meski posisinya offside. Espanyol tentu ingin membalaskan dendam itu, entah terpenuhi atau tidak.

Laga Valencia vs Espanyol bisa disaksikan pada Minggu, 4 Desember 2011 pukul 04.00 di TVOne.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda