Scroll to Top

Hati Ayam Yang Tidak Dimasak Matang Bisa Timbulkan Keracunan

By Ika / Published on Saturday, 03 Dec 2011

Sekitar akhir bulan November lalu telah terjadi insiden keracunan makanan di sebuah hotel bintang lima di Inggris. Dikabarkan ada 80 orang yang menjadi korban keracunan makanan dalam kasus tersebut. Menurut pihak medis, keracunan itu disebabkan oleh bakteri campylobacter yang diduga terdapat pada makanan hati ayam yang tidak dimasak dengan baik/matang.

Hati Ayam

Dari kasus keracunan tersebut, seorang ahli kesehatan melakukan sebuah survey. Hasilnya, 90% dari seluruh kasus keracunan makanan yang pernah terjadi pada tahun 2011 ternyata berhubungan dengan makanan jenis hati ayam. Gejala keracunan itu sendiri ditandai dengan sakit perut dan mual, diare, maupun demam.

Berdasarkan data dari Health Protection Agency (HPA), selama tahun 2011 di Inggris telah terjadi 18 kasus keracunan makanan yang disebabkan oleh campylobacter. Secara keseluruhan, ada 443 korban keracunan yang mengeluhkan badannya tidak sehat dan ada satu orang yang harus diberi perawatan serius di rumah sakit. Tak hanya itu, menurut HPA kasus keracunan makanan akibat pengonsumsian hati ayam ini dikabarkan selalu meningkat setiap tahunnya.

HPA juga sempat menyelidiki hati ayam yang menjadi kambing hitam di semua kasus keracunan makanan. Mereka menemukan bahwa hati ayam tersebut tidak dimasak secara matang dan bagian tengah hatinya masih berwarna kemerahan. Menurut Bob Martin dari Food Standards Agency (FSA), hati ayam maupun itik memang mengandung campylobacter, karena itu pemasakan yang benar harus dilakukan agar bakteri-bakteri merugikan tersebut bisa mati dan tidak merugikan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda