Scroll to Top

Bermain Puzzle Bisa Cegah Otak Dari Demensia

By Ika / Published on Saturday, 03 Dec 2011

Pasien Demensia Demensia adalah suatu kondisi di mana terjadi penurunan kemampuan kognitif yang disebabkan oleh turunnya kemampuan atau fungsi otak. Demensia ini sendiri sering dihubungkan dengan penyakit Alzheimer yang berbahaya. Menurut para ahli kesehatan, kondisi demensia ini bisa dicegah.

Seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail, seseorang bisa mengurangi resiko terserang demensia hanya dengan melakukan hal-hal sederhana, contohnya saja mengerjakan TTS (teka-teki silang), bermain sudoku, berkebun, membuat makanan ringan, atau bernyanyi. Menurut para ahli, menyibukkan otak/pikiran dan tubuh hanya selama 2 jam sehari adalah terapi tersendiri dan sudah mampu untuk menangkal demensia. Hal ini menguatkan pernyataan yang mengatakan bahwa menjaga kesehatan otak berarti juga menjaga kesehatan tubuh.

Menurut profesor Elmar Graessel dari Friedrich-Alexander University yang sempat melakukan penelitian berkaitan dengan hal ini, dikatakan bahwa terapi dengan melakukan hal-hal sederhana tidak hanya untuk mencegah demensia pada orang sehat, tapi juga bisa membantu penderita demensia untuk hidup lebih baik.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang melibatkan sejumlah penghuni panti jompo. Di panti jompo itu diadakan semacam diskusi santai dan menyenangkan, di mana para partisipan dipersilahkan mengobrol hal-hal kesukaan mereka bahkan diperbolehkan bernyanyi bersama. Selain itu para partisipan disuruh melakukan aktivitas ringan seperti bermain bowling, memecahkan teka-teki bersama rekan-rekannya, menyiapkan makanan kecil, maupun berkebun.

Dari penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 1 tahun tersebut, diketahui bahwa terapi-terapi tersebut memiliki efek yang sama dengan seorang pasien demensia yang diberi pengobatan inhibitor cholinesterase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda