Akhir pekan ini, Real Madrid akan menghadapi Sporting Gijon di El Molinon. Jose Mourinho mesti menguji racikan strateginya dengan sosok Manuel Preciado. Pelatih yang mungkin asing di telinga penggemar sepakbola ini, adalah sosok yang mematahkan rekor Mou 9 tahun tak terkalahkan di kandang.

Cristiano Ronaldo

Namun, kali ini kita tidak akan berbicara persiapan Madrid yang kemungkinan, jika tidak ada kejutan berarti, akan memetik tiga angka di kandang lawan. Sebaliknya, kita akan melihat betapa dahyatnya Los Blancos ketika bermain di Santiago Bernabeu.

Ya, Barcelona boleh saja tak pernah terbobol di Camp Nou dalam La Liga musim ini. Tapi, torehan prestasi Madrid lebih luar biasa lagi.

Jika pertandingan menghadapi Barcelona yang berkesudahan 2-2 di Piala Super Spanyol tidak dihitung, Los Blancos 100% selalu menang jika berlaga di Santiago Bernabeu.

Los Merengues tercatat menang 6 kali dalam 6 laga kandang di tingkat domestik, dan menang 3 kali dalam 3 pertandingan di Liga Champions. Belum cukup, mereka minimal mencetak 3 gol dalam laga kandang. Margin pun hampir selalu minimal 3 gol. Kemenangan paling tipis adalah ketika menjamu Getafe (4-2) pada 10 September lalu.

Selebihnya di seluruh laga kandang (minus Piala Super Spanyol) musim ini, Madrid mengoleksi 41 gol hanya dalam 9 pertandingan. Reratanya menembus angka 4,55 gol dalam setiap laga.

Jika dibandingkan dengan para penguasa liga-liga besar Eropa, tidak ada yang mampu menyaingi Real Madrid. Manchester City, klub kaya Liga Inggris, boleh saja memenangi semua pertandingan home mereka di tingkat domestik. Namun, City memiliki cacat di Liga Champions ketika mereka ditahan Napoli 1-1 di Etihad Stadium.

Satu-satunya tim pemuncak klasemen yang bisa sedikit mengimbangi Real Madrid adalah Udinese. Klub Antonio Di Natale ini mencatat 6 kemenangan kandang dalam 6 laga di Friulli dalam kompetisi domestik. Di Europa League, Udinese juga selalu menang ketika bermain di kandang. Mereka membekap Rennes 2-1 dan Atletico Madrid 2-0.

Sayang, catatan Udinese ternoda oleh hasil buruk ketika menjamu Arsenal di babak play-off menjelang 32 besar Liga Champions. Kala itu The Gunners membekap klub Udine dengan skor 1-2.

Klub Jerman, Bayern Muenchen, memang menang 3 kali dalam 3 laga Liga Champions. Namun, mereka sudah ternoda oleh 2 kekalahan dalam kompetisi domestik. Hasilnya, Muenchen kalah bersaing dengan Borussia Dortmund yang sekarang bertengger di puncak Bundesliga.

Catatan partai kandang Real Madrid sendiri, secara total adalah berikut.

No Pertandingan Keterangan Hasil
1 Real Madrid 2 – 2 Barcelona Piala Super Spanyol S
2 Real Madrid 4 – 2 Getafe Liga Spanyol M
3 Real Madrid 6 – 2 Rayo Vallecano Liga Spanyol M
4 Real Madrid 3 – 0  Ajax Liga Champions M
5 Real Madrid 4 – 1 Real Betis Liga Spanyol M
6 Real Madrid 4 – 0 Lyon Liga Champions M
7 Real Madrid 3 – 0 Villarreal Liga Spanyol M
8 Real Madrid 7 – 1 Osasuna Liga Spanyol M
9 Real Madrid 6 – 2 Dinamo Zagreb Liga Champions M
10 Real Madrid 4 – 1 Atlético Madrid Liga Spanyol M