Scroll to Top

Persipura Mendesak Djohar Arifin Lengser

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Dec 2011

Ujian terus menghadang Djohar Arifin, Ketua Umum PSSI. Pertama, ia dianggap hanya boneka yang digerakkan oleh pengusaha Arifin Panigoro demi kepentingan pribadi sang “bos” duduk di singgasana teratas di dunia sepakbola Indonesia.

Djohar Arifin Arifin Panigoro

Kedua, ia gagal meredam konflik klub-klub yang tidak puas dengan penggabungan ISL dengan Liga Primer Indonesia —liga sempalan musim lalu. Akibatnya, fatal. Klub-klub tadi, yang semuanya berasal dari ISL, membelot dan mendirikan ISL kembali dengan format baru.

Belum cukup, 21 Pengprov PSSI konon sudah membuat pernyataan tertulis untuk menggelar KLB (Kongres Luar Biasa). Terakhir, hari ini, bola panas kembali mesti ditelan Sang Profesor.

Persipura, melalui Ketua Hariannya, La Sya, meminta Djohar untuk angkat kaki dari posisi ketua umum PSSI. Seperti yang dirilis oleh TEMPO, Persipura menilai kepengurusan PSSI di bawah Djohar Arifin sudah tidak pantas lagi menaungi klub-klub di Indonesia.

Menanggapi pertanyaan apakah sebaiknya Djohar menutup “karier pemerintahannya” di PSSI, Lasya menjawab, “Ya mundur saja, mundur jauh lebih baik.”

Ucapan La Sya sendiri bukan tanpa pemantik. Ia tengah dongkol karena ada salah satu oknum PSSI yang menyebut ISL sebagai sepakbola haram.

Persipura memang tengah dirundung kecewa atas keputusan PSSI. Pasalnya, gara-gara mereka hengkang ke ISL, jatah Persipura ke Liga Champions Asia pun dicabut oleh AFC. La Sya menyebutkan, ketidakhadiran Persipura dalam LCA seolah mematikan sepakbola nasional.

Terlepas dari permintaan Persipura agar Djohar Arifin mundur, persaingan antara ISL dan IPL semakin tidak sehat. Masyarakat mungkin akan berkilah, ada dua liga sepakbola yang bisa menyemarakkan olahraga tanah air. Namun, klaim siapa yang benar dan siapa yang salah akan terus mewarnai persepakbolaan kita jika tak ada rekonsiliasi antara kedua belah pihak.

Sumber: TEMPO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda