Scroll to Top

Polemik Regulasi Mesin Musim 2013: Renault Ancam Mundur

By Rheza Fadhlillah / Published on Friday, 17 Jun 2011

Renault bersikeras tidak akan mengubah pendirian mereka untuk  mendukung regulasi baru mengenai penerapan mesin 4 silinder pada musim 2013. Renault bahkan mengancam akan mundur dari Fomula satu apabila keputusan mengenai aturan tersebut resmi ditunda.

FIA sebagai pemegang kekuasaan tertinggi olahraga otomotif dunia mengeluarkan aturan baru mengenai penggunaan mesin 4 silinder 1.6 liter yang akan diterapkan pada tahun 2013. Renault sebagai pemasok mesin dari Tim Red Bull dan Tim Renault menyambut baik datangnya aturan tersebut. Akan tetapi reaksi berbeda muncul dari tim-tim peserta lain seperti Mercedes-Benz, Ferrari, dan Cosworth.

Ferrari sebagai tim yang sudah lama bergelut dalam dunia balap single-seater menyatakan secara penuh penolakan mengenai penerapan aturan tersebut. Sementara Mercedes dan Cosworth mencoba untuk memberikan saran untuk power unit baru, namun saran tersebut terkendala pada masalah pendanaan.

Direktur Olahraga Renault Jean-Francois Caubet mengatakan mereka menghargai kekhawatiran ketiga produsen mesin tersebut. Namun ia menegaskan Renault tidak akan berubah pikiran. Ia juga mengatakan bahwa Renault tidak bermaksud membuat konfilik terhadap tim lain. Caubert beralasan hal tersebut ia lakukan karena menyangkut kredibilitas kubu Renault terhadap petinggi-petinggi Renault sendiri.

Caubet telah berbicara kepada Jean Todt dan Bernie Ecclestone bahwa saat ini Renault berada dalam ‘Zona Merah’ yang artinya mereka telah siap untuk mundur apabila penerapan regulasi tersebut resmi ditunda.

FIA mengeluarkan peraturan tentang penggunaan mesin 4 silinder 1.6 Liter dalam rangka membuat balapan jet darat ini menjadi ramah lingkungan. Namun, protes keras yang datang dari beberapa tim peserta membuat FIA berpikir akan kemungkinan untuk menunda penerapan aturan tersebut. Keputusan mengenai penundaan baru akan resmi diumumkan pada tanggal 30 Juni nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda