Scroll to Top

Demi El Clasico, Barcelona Mengistirahatkan 13 Pemain di Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 04 Dec 2011

Seminggu lagi, Pep Guardiola akan menghadapi ujian terberat sepanjang hidupnya. Disebut demikian karena Real Madrid musim ini bertransformasi sebagai kekuatan paling menakutkan di Liga Spanyol.

Barcelona BATE Borisov

Torehan 49 gol hanya dalam 14 laga jelas menunjukkan Los Blancos bukanlah lawan yang sama seperti yang dihadapi Pep dalam tiga tahun terakhir.

Apa boleh buat, Guardiola mesti memutar otak. Lagipula, bukan hanya El Clasico yang akan dihadapinya. Selang empat hari, pasukan Barcelona mesti bermain di Piala Dunia Antar Klub. Sekaligus, mesti melanjutkan tradisi klub Eropa menjuarai turnamen tahunan ini.

Maka, tidak ada pilihan lain kecuali mengistirahatkan pilar utama dalam laga Liga Champions pertengahan pekan ini. Apalagi Barcelona sudah tidak membutuhkan kemenangan lagi. Mereka sudah memastikan sebagai pemuncak Grup H setelah menekuk AC Milan 2-3.

Menghadapi BATE Borisov, klub yang dihancurkan 0-5 di laga away, Pep memutuskan untuk mengistirahatkan 13 Pemain di Liga Champions.

Mereka adalah Victor Valdes, Dani Alves, Carles Puyol, Eric Abidal, Javier Mascherano, Seydou Keita, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, David Villa, dan Lionel Messi.

Kesempatan istirahat ini penting untuk ke-13 pemain di atas. Apalagi Lionel Messi. Ia selalu bermain dalam semua pertandingan Barcelona musim ini, kecuali satu laga di Copa del Rey. Kala itu Barcelona menekuk tuan rumah L’Hospitalet 0-1. Absennya Messi pun karena ia terhadang laga internasional.

Lenyapnya 13 pemain ini akan difungsikan untuk mempromosikan para pemain Barcelona B. Misalnya, kiper muda berbakat Oier Olazabal. Masih ada pula nama Marc Bartra, Rafinha Alcantara, Jonathan Dos Santos, atau Sergio Gomez.

Musim lalu, strategi yang sama pernah dicoba Pep untuk menghadapi Manchester United. Setelah Barcelona memastikan gelar liga domestik, Pep lebih suka memboyong pemain muda untuk sisa pertandingan Liga Spanyol.

Apakah kali ini hasilnya efektif? Real Madrid sendiri tengah ingin melanjutkan trend selalu menang di bulan November hingga akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda